Erick Thohir Optimis UMKM Indonesia Bisa Tembus Pasar Global

- Kamis, 29 Juli 2021 | 16:34 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Dengan sejumlah potensi yang dimiliki, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir optimistis UMKM Indonesia bisa menembus pasar global. Apalagi Indonesia juga aktif menjalin hubungan dagang dengan berbagai negara yang berpotensi menjadi tujuan ekspor, salah satunya dengan Inggris.

"Indonesia dan Inggris telah memiliki hubungan diplomatik yang telah terjalin selama puluhan tahun, dan menjadi mitra dagang utama di Kawasan Eropa. Eratnya hubungan ini membuka peluang kerjasama di berbagai sektor termasuk UMKM," kata Erick Thohir dalam UK SME's Business Summit, Kamis (29/7/2021), dikutip dari CNBC Indonesia.

Demi mendorong UMKM menembus pasar global, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) dapat berperan memberikan dukungan melalui kantor cabang luar negeri yang dimiliki. BNI sebagai bank internasional pun harus adaptif dengan tuntutan bisnis melalui fasilitas dan layanan transaksi. Erick menegaskan keberadaan BNI London sangat membantu Indonesia, terutama UMKM yang ingin mengembangkan usahanya ke Inggris dan Eropa.

"Untuk itu Keberadaan BNI di London sangatlah penting bagi para pelaku usaha terutama UMKM yang sedang kami dorong go global. Kami mau mendorong peran BNI sebagai bank milik Indonesia yang bisa menjadi jembatan bagi pelaku usaha dan asosiasi diaspora UMKM di kawasan Inggris Raya dan Eropa, untuk bermitra dengan pelaku usaha di Indonesia," kata Erick

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) bersama CNBC Indonesia menggelar UK SME's Business Summit 2021. Mengambil tema "UMKM Go Global Bersama BNI", UK SME's Business Summit menjadi rangkaian HUT ke-75 BNI, dengan menggandeng Diaspora Indonesia di Inggris dan KBRI London serta pelaku usaha di negara tersebut untuk menggali potensi peningkatan bisnis.

Untuk itu, melalui UK SME's Business Summit diharapkan bisa membuka kesempatan dan peluang bagi UMKM Indonesia untuk menggali dan mengembangkan produknya hingga Eropa. Dia menegaskan upaya ini merupakan langkah baik dan konkret memajukan UMKM Indonesia.

"Semoga BNI semakin maju dan menunjukan eksistensinya sebagai bank internasional serta menjadi jembatan bagi pelaku usaha Indonesia, dan dunia internasional demi masa depan UMKM go global. UMKM bisa go global bersama BNI," ujarnya. (*)

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

DANA Tawarkan Harga Pulsa Kompetitif

Jumat, 24 September 2021 | 16:30 WIB

Permintaan Meningkat, Harga Minyak Dunia Naik Pagi Ini

Jumat, 24 September 2021 | 08:15 WIB

Bank Nagari Luncurkan Kredit MaRandang di Payakumbuh

Kamis, 23 September 2021 | 18:50 WIB

DPR Restui Suntikan PMN Rp 5,48 T buat BNI & BTN di 2022

Kamis, 23 September 2021 | 00:14 WIB
X