PermataBank Tingkatkan Literasi Keuangan di Kalangan Generasi Muda

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 17:35 WIB
PermataBank Tingkatkan Literasi Keuangan di Kalangan Generasi Muda
PermataBank Tingkatkan Literasi Keuangan di Kalangan Generasi Muda

HARIANHALUAN.COM - PermataBank meluncurkan PermataME Campus Ambassador Program. Hal ini untuk meningkatkan literasi keuangan di kalangan generasi muda.

Program ini merupakan kerja sama PermataBank dengan berbagai universitas terkemuka seperti Universitas Indonesia, Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Indonesia Banking School, Universitas MH. Thamrin, Universitas Surabaya, Universitas Multimedia Nusantara, Perbanas Institute, dan Sampoerna University.

Baca Juga: Fokus Kamtibmas dan Pencegahan Covid-19, Kapolsek Kamang Baru Temui Tokoh Masyarakat

Melansir Hasil Sensus Penduduk 2020 dari Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia tengah mengalami bonus demografi dengan proporsi penduduk usia produktif (15-64 tahun) mencapai 70,72%. Dari data tersebut, dilaporkan pula bahwa anak-anak muda dari kelompok gen Z dan milenial mendominasi penduduk Indonesia dengan proporsi masing-masing mencapai 27,94% dan 25,87%. Data dari BPS juga mengungkapkan bahwa jumlah anak muda usia 20-24 tahun di Indonesia mencapai lebih dari 22 juta jiwa pada tahun 2020 .

Di tengah bonus demografi ini, pemahaman mengenai finansial dan investasi masih perlu digalakkan. Menurut hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2019 oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tingkat literasi keuangan pada anak muda masih tergolong rendah.

Direktur Retail Banking PermataBank Djumariah Tenteram mengungkapkan PermataME Campus Ambassador Program merupakan langkah untuk mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi keuangan, khususnya di segmen generasi muda.

"Terlebih saat ini, demografi penduduk Indonesia tengah didominasi oleh anak muda. Besar harapan kami program ini akan menjadi awal yang baik bagi mahasiswa untuk memperoleh pengetahuan mendalam terkait keuangan dan investasi, serta dapat membagikan ilmu tersebut ke lingkungan kampusnya dan orang di sekitar mereka,” jelasnya, Jumat (27/8/2021).

Baca Juga: Objek Wisata Padang Dibuka, Wisatawan Wajib Tunjukkan Kartu Vaksin

Djumariah mengatakan PermataME Campus Ambassador Program terbagi atas 3 tahapan kegiatan yaitu In-Class Program, Ambassador Program, dan Internship Program. Di tahapan In-Class Program para peserta PermataME Campus Ambassador akan mengikuti serangkaian pelatihan dan seminar mulai dari pengetahuan terkait industri keuangan dan perbankan, kepemimpinan, hingga budaya kerja di PermataBank.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

Siang Ini Rupiah Melemah ke Rp14.447 per USD

Senin, 6 Desember 2021 | 12:40 WIB

Boyband BTS Raup Rp483 Miliar dari Konser di Amerika

Senin, 6 Desember 2021 | 06:00 WIB

Kemendag Pastikan Pasokan Kedelai Cukup untuk Nataru

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:02 WIB
X