Penyebab Gagal Lolos Kartu Prakerja Gelombang 21 yang Mungkin Anda Lakukan Tanpa Sengaja

- Jumat, 17 September 2021 | 17:50 WIB
Penyebab tidak lolos Kartu Prakerja gelombang 21 (Sumber gambar: prakerja.go.id)
Penyebab tidak lolos Kartu Prakerja gelombang 21 (Sumber gambar: prakerja.go.id)

HARIANHALUAN.COM - Dilansir melalui prakerja.go.id, pendaftaran peserta untuk mendapat Kartu Prakerja gelombang 21 telah resmi dibuka sejak Kamis, 16 September 2021. Untuk jumlah kuota peserta, Kartu Prakerja gelombang 21 menyedeiakan sebanyak 754.929 peserta. Segera daftarkan diri Anda, jika belum pernah menerima Kartu Prakerja.

Kartu Prakerja merupakan program bantuan sosial pemerintah. Tujuannya adalah untuk memulihkan perekonomian nasional, melalui meningkatkan produktivitas masyarakat Indonesia, terutama yang terdampak pandemi Covid-19.

Penyebab Gagal Lolos Kartu Prakerja yang Kerap Terjadi

Karena program bantuan sosial ini gratis, maka jumlah peserta yang mendaftar tidak sedikit. Jumlah kuota yang disediakan, kerap kali tidak sebanding dengan para pendaftar. Sehingga, perlu ada seleksi untuk memilih calon penerima program Kartu Prakerja. Dikutip melalui beberapa sumber, berikut penyebab gagal yang kerap terjadi, dalam seleksi Kartu Prakerja:

1. Tidak Memenuhi Persyaratan Maupun Kriteria Penerima

Penting untuk memerhatikan persyaratan Kartu Prakerja gelombang secara detail. Peserta kerap gagal lolos seleksi, karena tidak sesuai dengan persyaratan maupun kriteria yang telah tertuang dalam peraturan Kartu Prakerja. Untuk melihat persyaratan lengkap Kartu Prakerja gelombang 21, dapat klik di sini.

2. Data Diri Saat Mendaftar Tidak Sesuai

Saat mendaftar Kartu Prakerja gelombang 21, Anda akan diminta untuk mengisi data diri. Beberapa diantaranya Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK). Anda harus memastikan mengisi data diri denga benar, sesuai dengan yang terdaftar di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Jika salah mengisi NIK, maka data kemungkinan tidak akan terdeteksi oleh sistem.

Pastikan NIK dan nomor KK Anda sesuai. Jika tidak, Anda tidak akan lolos sebagai penerima Kartu Prakerja gelombang 21. Untuk mengecek kesesuaian NIK dan nomor KK, Anda dapat menghubungi call center Dukcapil di nomor 1500-538, atau menghubungi kantor Dukcapil terdekat.

Halaman:

Editor: Rizky Adha Mahendra

Sumber: dpr.go.id, tribunnews.com, pikiranrakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pecah! Awkarin Menangis Saat Dilamar Gangga Kusuma

Selasa, 30 November 2021 | 10:55 WIB

Rela Dimadu, Lesti Kejora Izinkan Rizky Billar Poligami

Selasa, 30 November 2021 | 07:10 WIB

Bayi Kembar Zivanna Letisha Dinamai Kimi dan Kana

Sabtu, 27 November 2021 | 23:45 WIB

Nagita Slavina Lahirkan Anak Kedua, Namanya Siapa Ya?

Jumat, 26 November 2021 | 19:35 WIB

Selamat! Nagita Slavina Lahirkan Anak ke-2

Jumat, 26 November 2021 | 12:37 WIB
X