Shadowban TikTok: Ketahui Definisi, Penyebab, hingga Cara Mengatasinya

- Senin, 20 September 2021 | 16:13 WIB
Shadow Ban TikTok
Shadow Ban TikTok

Pernahkah kamu mengunggah video TikTok namun tidak mendapatkan reaksi dari banyak pengguna? Bisa jadi akunmu telah terkena shadowbanned dari TikTok!

Namun apakah kamu tahu apa itu shadow ban TikTok? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Shadow Banning
Shadow Banning di TikTok adalah kondisi saat kurator aplikasi media sosial memblokir sebagian pengguna, content creator, atau hashtag tertentu tanpa memberikan pemberitahuan sebelumnya. Setelah konten terkena shadow banning, konten akan mendapatkan lebih sedikit interaksi dari biasanya.

Shadow banning dilakukan untuk mengurangi konten akan tampil di FYP (For Your Page) atau Halaman untuk Anda, sedangkan konten yang terkena shadowban tersebut sedang dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Singkatnya, Shadow banning adalah pemblokiran konten yang dilakukan secara diam-diam sehingga pengguna tidak mengetahui bahwa konten yang telah diunggah sudah terkena blokir dari TikTok. Hal ini bertujuan untuk membuat ekosistem komunitas yang lebih kondusif agar tidak memicu keributan antara individu atau kelompok. Selain TikTok, shadowban dapat terjadi di seluruh internet mulai dari Google, Youtube, Instagram, dan yang lainnya. Sayangnya, praktik ini sangat sulit dibuktikan.

Seperti pada aplikasi lainnya, TikTok akan memantau setiap penggunanya untuk memastikan bahwa konten yang diunggah bisa diterima dan sesuai untuk banyak orang. Hal ini menjadi pengingat kepada para pembuat konten agar membuat konten-konten yang ramah dan menghindari konten yang bersifat seks, kekerasan, penggunaan obat-obatan, ataupun SARA.

Alasan lain mengapa TikTok tidak memberitahu bahwa akun sedang di-banned agar para pembuat konten-konten menyimpang tidak mengetahuinya dan tidak terpicu untuk membuat akun baru.

Ciri-Ciri Akun Terkena Shadowban
Ciri-ciri paling umum untuk mengetahui apakah akun sedang terkena shadowban adalah dilihat dari jumlah viewersnya.

Jika biasanya kamu memiliki jumlah viewers yang banyak mulai dari 100 hingga 1000 viewers, konten yang terkena banned akan memiliki jumlah viewers yang sedikit dibandingkan dengan konten sebelumnya. Hal ini dikarenakan video yang telah dibuat tidak diizinkan masuk ke FYP oleh For Your Page oleh TikTok karena dianggap akan menimbulkan pertikaian atau kontroversi.

Baca Juga: Gampang, Begini Cara Menghilangkan Watermark Video TikTok

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: Gadgetren.com, limely.co.uk, distractify.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Rekomendasi Film Terbaru yang Tayang Oktober 2021

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:50 WIB

Terpopuler

X