5 Fakta Seputar Vanuatu, Salah Satu Negara Terbahagia di Dunia

- Senin, 27 September 2021 | 12:50 WIB
Fakta Negara Republik Vanuatu (sumber gambar: Pixabay.com)
Fakta Negara Republik Vanuatu (sumber gambar: Pixabay.com)

HARIANHALUAN.COM - Negara Vanuatu sempat menjadi sorotan publik pada tahun 2020. Hal tersebut lantaran Vanuatu sempat menyinggung tentang Papua dan Indonesia. Hal tersebut dilakukan pada sidang majelis umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Vanuatu mengatakan jika pemerintah Indonesia melakukan tindakan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Papua, dan abai terhadapnya.

Jika Anda tidak mengetahui Negara Vanuatu, jangan khawatir. Simak artikel berikut hingga tuntas. Dilansir melalui beberapa sumber, berikut fakta-fakta salah satu negara paling bahagia di dunia tersebut:

Negara Peringkat 4 Paling Bahagia di Dunia Pada Tahun 2020

Negara Vanuatu jarang menjadi sorotan dunia. Namun, diam-diam berhasil menduduki salah satu peringkat atas negara paling bahagia di dunia. Peringkat tersebut dinilai oleh organisasi Happy Planet Index.

Indikator yang digunakan untuk mengukurnya yaitu kesejahteraan bangsa, harapan hidup dan tingkat ketimpangan, serta ekologi. Salah satu faktor terbesar Vanuatu berada di peringkat atas negara paling bahagia adalah, kesetaraan dan kebersamaan yang dianut masyarakat di dalamnya.

Salah Satu Negara Kepulauan di Oseania

Negara Vanuatu terletak di wilayah Oseania, dekat dengan Papua Nugini dan Australia. Negara ini terdiri dari deretan 80 pulau kecil. Sekitar 65 pulau diantaranya, merupakan pulau berpenghuni.

Republik Vanuatu memiliki luas sekitar 12.189 km persegi, dengan ibu kota bernama Port Vila. Jumlah penduduk Republik Vanuatu sekitar 270 ribu jiwa. Sekitar 53 ribu diantaranya, menetap di Kota Port Vila.

Pernah Melakukan Praktik Kanibalisme

Halaman:

Editor: Rizky Adha Mahendra

Sumber: Kumparan.com, tribunnews.com, idntimes.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Afgan dan Rossa Liburan ke New York, Bulan Madu?

Kamis, 28 Oktober 2021 | 09:55 WIB
X