Part 1: Deretan Drama Korea Tentang Kembali Ke Masa Muda, Mengajarkan Bahwa Takdir Yang Dulu Tak Bisa Diubah

- Selasa, 28 September 2021 | 22:26 WIB
ini deretan drama Korea Selatan yang menyuguhkan tema kembali ke masa muda  (www.instagram.com/Yangsaejong1992)
ini deretan drama Korea Selatan yang menyuguhkan tema kembali ke masa muda (www.instagram.com/Yangsaejong1992)


Setiap manusia memiliki kenangan masa muda yang berbeda-;beda, ada yang menghabiskan waktunya dengan foya-foya, fokus pada mimpi, ataupun mengejar cinta yang kalau itu diyakini sebagai takdirnya. Tak ada yang salah dengan semua itu karena di usia muda seperti masa SMA hingga menjadi mahasiswa adalah masa di mana terasa indah, nyaman, dan menyenangkan.

Tak jarang pula ada segelintir orang yang menghabiskan masa mudanya dengan kerja keras, banyak hal yang menyakitkan, hingga akhirnya menyelesaikan masalah yang ia perbuat dan ia tanggung hingga dewasa. Bahkan, pertanyaan tentang, "Jika bisa memutar waktu, ke mana kamu akan berlabuh?" Jawabannya pasti masa lalu, atau kembali muda, masa yang masih menyenangkan, atau masa di mana bisa memperbaiki sesuatu yang bisa mengubah penyesalan saat ini, juga dengan niat yang kuat bahwa jika seseorang kembali ke masa muda, ia bisa mengubah takdir yang menyakitinya saat ini.

Begitu pula dengan deretan K-drama atau drama Korea Selatan ini yang mengisahkan tentang seseorang yang bisa memutar waktu dan kembali ke masa mudanya dengan harapan penyesalan dan takdir yang bisa ia ubah.

1. 18 Again
Drama yang rilis pada tahun 2020 ini tdak sekedar menghadirkan konflik kehamilan remaja saja, melainkan keduanya yang sudah memutuskan untuk menikah juga membesarkan anak tersebut yang kini telah dewasa dan sudah memiliki dua anak kembar berusia 18 tahun. Namun tak sampai di sana, konflik semakin menarik ketika Jung Da Jung memutuskan untuk bercerai karena keduanya memang sering bertengkar.

Namun, suaminya, Hong Dae Young tak terima dan memutuskan untuk melampiaskan stres dengan bermain basket. Ia yang saat itu dipenuhi oleh amarah dan penyesalan, ia berkeinginan jika bola tersebut masuk ke dalam ring, ia ingin kembali ke masa muda, kembali ke umur 18 tahun sebelum bertemu dengan istrinya, tidak akan mengulangi kesalahan yang sama, juga meraih mimpinya sebagai pemain basket profesional.

Pada kenyataannya, ia harus melihat sosok anaknya yang memiliki banyak tekanan tersendiri, tentang bagaimana perasaan yang sesungguhnya, hingga ia menyadari bahwa takdir yang ia Terima tak akan bisa diubah.

2. Thirty But Seventeen
Drama tahun 2018 yang memiliki rating tinggi ini memiliki alur cerita yang menarik, karena pemerannya secara fisik adalah wanita berumur 30 tahun, namun secara psikis ia berumur 17 tahun. Bukan berarti Woo Seo Ri (Shin Hye Sun) dirasuki oleh roh jahat atau hantu, tetapi karena ia mengalami kecelakaan di umur 17, kemudian terbaring koma dan terbangun ketika berumur 30 tahun.

Keluarga serta saudara-saudaranya tak lagi ia kenal dan tak tahu kemana, rumah yang ia tinggali 13 tahun yang lalu kini sudah ditempati oleh pemuda bernams Gong Woo Jin (Yang Se Jong) dengan adik laki-lakinya Chan (Ahn Hyo Soep). Karena tak punya apa-apa serta masih beradaptasi dengan keadaan, ia akhirnya menumpang di rumah Woo Jin dengan sikap seperti seorang gadis remaja 17 tahun. Keduanya memecahkan misteri kecelakaan tersebut dan banyak hal yang tak terduga mengikat hubungan mereka.

Dari deretan drama tersebut banyak pesan dan amanat yang bisa diambil, salah satunya bahwa mesikupun kembali ke masa muda, penyesalan serta takdir yang sudah ditentukan tidak akan bisa diubah, seberapa keras kita berusaha. Jadi, berusaha yang terbaik di hari ini atau masa kini adalah cara yang tepat agar meminimalisir penyesalan di masa mendatang.

Editor: Regina Maheswari

Sumber: harianhaluan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan Saat Weekend!

Jumat, 22 Oktober 2021 | 20:35 WIB
X