Squid Game Trending Global, Apa Dampak Film Bergenre Ini Bagi Penonton?

Milna Miana
- Jumat, 15 Oktober 2021 | 16:45 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Serial drama permainan bertahan hidup, Squid Game, sedang menjadi pembicaraan di media sosial. Bahkan, banyak cuplikan adegan film ini yang dijadikan meme. Singkat cerita, serial ini berhasil memenangkan hati penonton Netflix di seluruh dunia.

Sejak tayang perdana pada 17 September 2021, serial drama keluaran Netflix ini langsung menduduki trending 1 di 83 negara yang menyediakan layanan streaming Netflix.

Ted Sarandos, co-CEO Netflix berkata Squid Game saat ini menjadi pertunjukan terbesar sejarah Netfix dalam bahasa apa pun. Namun, mengapa serial survival games satu ini bisa menjadi sangat populer dan bisa dinikmati oleh banyak penonton di berbagai negara?

Daya tarik

Menurut Ranny Rastati, peneliti Pusat Riset Masyarakat dan Budaya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), menyebut setidaknya ada empat alasan kenapa Squid Game mampu membuat siapa pun menikmatinya.

Dia mengatakan, Squid Game sangat menggambarkan realitas kehidupan saat ini. Kondisi ekonomi yang sulit karena pandemi ini membuat banyak orang mengalami kondisi kesulitan keuangan.

Di tengah keputusasaan akan kesulitan ekonomi, lanjut Ranny, ada secercah harapan untuk memperbaiki nasib melalui game yang berhadiah uang miliaran won.

Tak hanya itu, dia menjelaskan plot twist yang ditampilkan dalam Squid Game, menjadi candu bagi para penonton. Plot twist ini mampu memberikan sensasi kejutan bagi penonton.

Ranny juga menilai aspek kemanusiaan yang digarap film serial tersebut berhasil dikemas dengan apik pada saat yang tepat. Kemudian mereka bertaruh tentang kakek pengemis yang diacuhkan di pinggir jalan.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

7 Aplikasi Pembuat Intro Video Terbaik

Rabu, 8 Desember 2021 | 19:17 WIB

Kondisi Terkini Gaga Muhammad Selama di Penjara

Rabu, 8 Desember 2021 | 12:30 WIB

Amanda Manopo Tengah Berbahagia di Usia ke-22 Tahun

Selasa, 7 Desember 2021 | 05:15 WIB

Maia Estianty Ungkap Hal Paling Menakutkan Baginya

Selasa, 7 Desember 2021 | 01:03 WIB

Innalillahi, Kabar Duka Menyelimuti Rano Karno

Senin, 6 Desember 2021 | 15:15 WIB

Petisi Boikot Doddy Sudrajat dari TV Terus Mengalir

Senin, 6 Desember 2021 | 13:10 WIB

Pecah! Awkarin Menangis Saat Dilamar Gangga Kusuma

Selasa, 30 November 2021 | 10:55 WIB
X