Syamsul Bahri, Pribadi Mandiri yang Dibesarkan Pengalaman

- Sabtu, 25 Juni 2016 | 06:33 WIB

Syamsul Bahri, Ma­nager Regional Ar­ea (MR­A) Su­m­bar PT. Indosat, dilahirkan sekitar 43 tahun yang lalu di Nagari Balai Baiak Malai III Koto Aua Malintang, Pa­da­ng Pariaman. Dia dibe­sarkan dalam getirnya kehidupan. Bungsu dari enam ber­sau­dara ini, sudah di­tinggal ayahnya di usianya ya­ng baru me­ng­­in­jak setahun.

“Pada saat itu, kondisi perekonomian kami sangat sulit. Bisa dikatakan miskin, karena hanya dibesarkan oleh ibu,” cerita Syamsul Bahri.

Pada usia enam tahun, Syamsul dibawa kakaknya merantau ke Jakarta. Jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan menengah ber­hasil ditempuh dengan baik. Untuk memenuhi kebutuhan hidup dan pendidikan se­kolah, Syamsul Bahri mem­bantu kakaknya berdagang kaki lima. Pengalaman ini membuat Syamsul menjadi pribadi yang mandiri.

Tahun 1993 melanjutkan pendidikan di Politeknik ITB dengan jurusan Teknik Elektronika, yang ditamat­kan tahun 1996. Lalu me­lan­jutkan pendidikan di Universitas Indonesia tahun 2000 sampai 2004, dan pas­ca sarjana di IPB Bogor tahun 2004 sampai 2006. Dan saat ini sedang me­nem­puh program doctor di UNP Padang.

“Ibu mengajarkan ke­pada saya dan anak-anaknya yang lain, yaitu tidak saling ber­te­ng­k­ar. Alhamdulillah, sa­m­pai saat ini, semarah-marahnya saya sama ka­kak atau sebaliknya, ti­dak pernah menge­luar­kan kata-kata kasar dan me­lukai fisik,” ujar Syamsul

Dalam kehidupan berkeluarga, ajaran dari ibu tersebut juga di­terap­kan dalam kelurganya. Memiliki empat orang an­ak, tidak pernah ada terjadi pertengkaran. Selalu ada pihak yang mengalah. “Saya mengajarkan kepada anak-anak, bahwa kita bersaudara, berdunsanak, dan satu fa­mily itu berarti satu rasa. Diutamakan untuk saling membantu dan tolong me­nolong,” ujarnya.

Hari Ini, BKPRMI Gelar Muswillub

Dewan Pengurus Wi­lay­ah (DPW) Badan Komu­nikasi Pemuda Remaja Mas­jid Indonesia (BKPRMI) Sumatera Barat, Sabtu (25/6) ini, dijadwalkan akan menggelar Musyawarah Wi­la­yah Luar Biasa (Mus­wil­lub), yang akan dilak­sana­kan di Aula Saiyo Sakato Pemda Padang Pariaman, Kota Pariaman.

“Kegiatan ini, menurut rencana akan dihadiri se­luruh jajaran Dewan Pengu­rus Daerah (DPD) kota dan kabupaten se-Sumatera Ba­rat, tokoh masyarakat, dan perantau,” kata Syamsul Bahri, yang juga Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum BKPRMI Sumbar kepada Haluan, Jumat (24/6).

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

5 Rekomendasi Film Terbaru yang Tayang Oktober 2021

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:50 WIB

Terpopuler

X