Festival Saribu Rumah Gadang, Merawat Tradisi Minangkabau

Administrator
- Minggu, 26 November 2017 | 19:24 WIB

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM-- Festival Saribu Rumah Gadang (SRG) 2017 Solok Selatan (Solsel) sukses mengangkat potensi budaya Minangkabau 'saisuak' (heritage).

Selama tiga hari pelaksanaan di kawasan SRG dan Ruang Terbuka Muara Labuh, kegiatan festival mampu menghipnotis ribuan pengunjung seakan berada di masa lampau dalam keseharian masyarakat Minangkabau, (19-22 November 2017). Festival ini mengangkat tema 'Manjapuik nan tatingga, mangumpuan nan taserak, mangambang pusako lamo'.

Pembukaan menampilkan beragam tema pawai budaya Minangkabau, maanta bali, malatiah anak, tulak bala, maarak bungo lamang dan tradisi budaya lainnya. Pawai ini diikuti oleh sebelas nagari. Selain itu, antusias dari pelajar juga terlihat dalam penampilan benda-benda bersejarah yang berusia ratusan tahun.

"Benda-benda seperti Kampiu, kambuik dan benda lainnya mungkin terlihat baru oleh pelajar sehingga menarik buat mereka," jelas Pimpinan produksi Festival, Yosi Nofa.

Selain itu, pada festival ini juga ditampilkan berbagai seni budaya Minangkabau seperti Randai, Pupuik Sarunai, Silek, Badikia rebana.

"Para pengunjung juga tertarik melihat cara memasak kaum bundo-kanduang dengan kayu api ala masa lalu," lanjutnya.

Prosesi penutupan diselenggarakan di rumah gadang kaum Datuak Ratu, Selasa malam,(21/11) pukul 20.00 WIB. Sebelumnya pembukaanya juga berlangsung di rumah gadang yang sama.

Malam penutupan itu, Bupati H.Muzni Zakaria dan ketua TP-PKK Ny.Suriati Muzni Zakaria ikut menghadiri dengan pakaian adat diikuti oleh kepala OPD dan Forkopimda.

Kedatangan rombongan Bupati disambut pemuka adat se-Solsel di pintu gerbang masuk ke kawasan SRG. Selanjutnya iring-iringan rombongan menuju ke rumah gadang Datuak Ratu dengan berjalan kaki lebih kurang 100 meter di iringan dentuman musik dikia rebana.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Sinopsis Film Bullet Train yang Dibintangi Brad Pitt

Kamis, 11 Agustus 2022 | 14:07 WIB
X