Dendeng Pucuak Ubi Oleh-oleh dari SRG

Administrator
- Senin, 4 Desember 2017 | 17:48 WIB

SOLSEL, HARIANHALUAN.COM—Kawasan Saribu Rumah Gadang, Kabupaten Solok Selatan merupakan salah satu tujuan wisata di Bumatera Barat. Banyaknya pengunjung yang datang ke daerah itu, membawa berkah tersendiri bagi masyarakat setempat. Terutama kaum ibu yang menangkap peluang usaha kuliner.

Mereka yang tergabung dalam Kelompok Kuliner Bundo ini, menyediakan dendeng pucuak ubi untuk dibawa pulang oleh wisatawan yang berkunjung.

Seperti disampaikan Ketua Kelompok Kuliner Bundo, Yenafrida, Kamis (30/11) di kawasan Saribu Rumah Gadang, Jorong Bariang Rao-Rao, Kenagarian Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Solsel.

Menurutnya, ide membuat dendeng pucuak ubi tersebut berawal saat salah seorang pengunjung yang datang ke Saribu Rumah Gadang setahun lalu bertanya tentang apa oleh-oleh khas dari Kawasan Saribu Rumah Gadang. Saat itu, dia membuka usaha warung nasi.

"Dari situ mulai kami diskusikan bersama ibu-ibu disini untuk menciptakan apa yang bisa dijadikan oleh-oleh. Setelah ada kesepakatan, kami membuat dendeng pucuak ubi," jelas Yenafrida.

Selain itu, dipilih dendeng pucuak ubi juga disebabkan banyaknya terdapat daun ubi yang merupakan bahan pembuat dendeng. Namun saat itu pihaknya masih terkendala dalam pengolahan bagaimana cara menjadikan pucuak ubi menjadi dendeng.

"Kami bentuk kelompok awal Januari 2017. Saat itu, KKI Warsi baru masuk ke daerah kami. Dari sana kami mencoba cara membuat dendeng dari pucuk ubi ini," terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan Yenafrida, cara pembuatannya cukup mudah. Pucuk ubi terlebih dahulu direbus. Setelah matang didinginkan dan diiris kecil, lalu dicampur dengan telur, tepung terigu dan garam, kemudian ditambahkan kaldu ayam atau daging sesuai keinginan lalu digoreng.

"Setiap hari kami produksi sesuai pesanan. Dalam sehari bisa menghasilkan 40 bungkus," tuturnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Sinopsis Film Bullet Train yang Dibintangi Brad Pitt

Kamis, 11 Agustus 2022 | 14:07 WIB

Terjun ke Dunia Politik, Haji Faisal Tuai Kritik

Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:58 WIB

Game Tower of Fantasy Resmi Meluncur Hari Ini

Kamis, 11 Agustus 2022 | 12:50 WIB
X