Nama Fandom Idol K-Pop dan Aktor Korea, Mana yang Paling Unik?

- Rabu, 19 Januari 2022 | 23:58 WIB
BTS
BTS

Dunia industri musik korea atau K-Pop tidak luput dari para penggemarnya yang berada diseluruh dunia. K-pop telah menjadi salah satu fenomena yang mendunia dengan berbagai aliran musik yang universal. Sebuah perkumpulan penggemar idol K-Pop memiliki sebutan yang unik untuk menamai diri mereka sebagai penggemar dari sebuah boyband girlgroup yang mereka sukai.

Berikut nama-nama fandom idol kpop Korea dengan maknanya:

  • ELF (Super Junior)

Sebutan penggemar Super Junior adalah ELF atau singkatan dari Ever Lasting Friend. Super Junior debut di tahun 2005 dan menamai penggemar mereka Ever Lasting Friend dengan maksud untuk selalu menjadi teman selamanya diantara anggota Super Junior dan penggemarnya. Bahkan ELF memiliki tanggal jadi sendiri yaitu pada tanggal 2 Juni 2006, selisih satu tahun dengan debut Super Junior.

  • ARMY (BTS)

BTS yang menjadi salah satu boyband ternama di Korea Selatan bahkan dunia memiliki nama untuk penggemar mereka dengan sebutan ARMY. ARMY sangat melekat bagi penggemar BTS, sebutan ARMY ini memiliki kepanjangan dari Adorable Representative M.C for Youth. ARMY merupakan salah satu fandom terbesar diantara K-Pop Idol lainnya saat ini.

  • EXO-L (EXO)

Dari namanya saja sudah tidak asing, EXO-L merupakan sebutan untuk para penggemar EXO. Boyband ini debut pada tahun 2011 dengan subgrup yang awalnya terdiri dari EXO-K (korea) dan EXO-M (China). Alasan mengapa EXO-L dipilih sebagai nama fandom EXO karena terletak diantara huruf K dan M. Kata L ini juga dimaknai sebagai Love atau Cinta.

  • MY (AESPA)

Aespa yang baru saja debut dengan lagu yang langsung melejit yaitu Black Mamba, menamakan penggemar mereka dengan nama MY yang berarti teman yang berharga untuk para member Aespa tersebut.

  • Pink Panda (A Pink)

Istilah Pink Panda dibuat dengan kombinasi kata Korea yaitu ‘fan’ dan Panda dari nama girl group A Pink itu sendiri. A Pink debut pada tahun 2011 dan menjadi bagian dari girl group generasi kedua yang masih eksis hingga sekarang.

Selain idol K-Pop ternyata nama fandom lain untuk penggemar aktor dan aktris Korea juga ada dan lebih unik diantaranya:

  • Airen (Lee Seung Gi)

Kata Airen dipilih Lee Seung Gi untuk menamai penggemarnya, oppa ganteng satu ini memaknai nama Airen yang diambil dari bahasa mandarin yang berarti orang yang dicintai.

Halaman:

Editor: Adinda Nawangwulan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X