Anak Nia Danianty, Olivia Nathania Divonis 3 Tahun Penjara Atas Kasus Penipuan CPNS Bodong

- Senin, 28 Maret 2022 | 17:06 WIB
Anak penyanyi nia danianty, olivia nathania divonis 3 tahun penjara
Anak penyanyi nia danianty, olivia nathania divonis 3 tahun penjara

HARIAN HALUAN- Anak dari penyanyi Nia Danianty, Olivia Nathania, dinyatakan bersalah atas kasus penipuan CPNS bodong.

Terdakwa Olivia Nathania divonis hukuman tiga tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dalam kasus penipuan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) fiktif yang menjeratnya itu.

"Menjatuhkan vonis pidana penjara tiga tahun, menetapkan pidana terdakwa tetap ditahan," kata Majelis Hakim dalam persidangan dengan agenda pembacaan putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, dikutip Inews,  Senin 28 Maret 2022.

Baca Juga: DPR Minta Menkes Hingga Kepolisian Turun Tangan dalam Polemik IDI-Terawan

Hakim menilai hal yang memberatkan vonis atas Olivia tersebut karena dianggap meresahkan masyarakat sehingga perbuatan terdakwa menyebabkan ketidakpercayaan kepada pegawai negeri sipil (PNS). Selain itu para korban mengalami kerugian total ratusan juta.

Sedangkan hal yang meringankan vonis adalah, Olivia dinilai jujur dalam memberikan keterangan di hadapan majelis hakim dan menyesali perbuatannya.

Vonis yang diterima Olivia lebih ringan vonis dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yakni hukuman 3 tahun 6 bulan dalam persidangan yang digelar pada 14 Maret 2022 karena terbukti melanggar Pasal 378 Jo Pasal 65 KUHP tentang penipuan.

Kasus dugaan penipuan CPNS tersebut berawal dari laporan Karnu, salah satu korban putri Nia Daniaty itu, ke Polda Metro Jaya, pada 23 September 2021. Sejauh ini ada 225 korban dengan total kerugian mencapai Rp9,7 miliar karena kasus tersebut.

 

Halaman:

Editor: Juni Fitra Yenti

Sumber: INews.id

Artikel Terkait

Terkini

Iriana Jokowi Turut Bergoyang Gegara Farel Prayoga

Kamis, 18 Agustus 2022 | 09:43 WIB
X