Matematika: Mean, Median, Modus dalam Ukuran Pemusatan Data

- Rabu, 18 Mei 2022 | 08:25 WIB
Mean, Median, Modus dalam Ukuran Pemusatan Data (Ruswanti)
Mean, Median, Modus dalam Ukuran Pemusatan Data (Ruswanti)

Kali ini, kita akan mempelajari tentang salah satu cabang dari matematika, yaitu statistik. Statistik adalah kesimpulan fakta berbentuk bilangan yang disusun dalam beragam bentuk untuk menggambarkan suatu hal maupun kejadian atau peristiwa. Statistik juga bisa melambangkan ukuran dari sekumpulan data, dan wakil dari data tersebut.

Pernahkah kamu mendengar apa itu data? Menurut KBBI, data merupakan keterangan yang benar dan nyata. Data sendiri berasal dari bahasa Latin dan bentuk jamak dari datum. Data yang diperoleh dari hasil pengamatan akan disusun dan disajikan dalam bentuk bilangan-bilangan pada sebuah diagram, daftar, tabel, dan hal tersebut dinamakan dengan statistik.

Pada statistik, data akan dipelajari dalam ukuran pemusatan data atau penyajian data. Ukuran pemusatan data adalah sembarang ukuran yang menunjukkan pusat segugus data dan telah diurutkan dari terkecil sampai terbesar atau sebaliknya. Sedangkan, penyajian data merupakan hasil dari penelitian, pengamatan atau observasi.

Nah, dari penjelasan tersebut, kita akan menemukan istilah mean, median, dan modus. Melansir dari Detik.com, simak penjelasan tentang ketiga komponen ukuran pemusatan data tersebut.

Pengertian Mean (Rata-Rata)

Mean adalah salah satu ukuran gejala pusat. Mean dapat dikatakan sebagai wakil kumpulan data. Menentukan mean dapat dilakukan dengan cara menjumlahkan seluruh nilai data, kemudian membaginya dengan banyaknya data.

Jumlah seluruh data: banyak data atau dapat dirumuskan dengan:

????̅ = ∑ x / n

Keterangan:

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: detik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X