Selamat! Album Baru BTS “Proof” Berhasil Menduduki Puncak Bilboard 200

- Senin, 20 Juni 2022 | 14:14 WIB
BTS memenangkan kategori Grup Musik Terfavorit dalam ajang Nickelodeon Kids Choice Awards 2022 (Sumber Foto: twitter/@nickelodeon) (Adinda Nawangwulan)
BTS memenangkan kategori Grup Musik Terfavorit dalam ajang Nickelodeon Kids Choice Awards 2022 (Sumber Foto: twitter/@nickelodeon) (Adinda Nawangwulan)

Jakarta, HarianHaluan.com – Grup asal Korea Selatan BTS berhasil menorehkan rekor pencapaian baru lewat album mereka “Proof” yang baru saja dirilis pada 10 Juni 2022 lalu.

Seperti yang diketahui, Album antologi BTS itu menduduki puncak Billboard 200, peringkat mingguan album paling populer di Amerika Serikat.

Sebagai informasi, Billboard mengumumkan pada Minggu (19/6/2022), bahwa album BTS tersebut mencapai penjualan terbesar di Amerika Serikat.

Terkait hal ini, laporan dari Luminate mencatat Proof memperoleh 314.000 unit penjualan album. Jumlah yang mengesankan selama pekan yang berakhir pada 16 Juni.

Baca Juga: Berikut Klarifikasi dan Penjelasan Resmi HYBE Terkait Keputusan BTS untuk Hiatus

 Total skor album terdiri dari 266.000 penjualan album, 12.000 unit track equivalent album (TEA), dan 36.000 streaming equivalent album (SEA). Lebih dari 259.000 penjualan album tradisional atau fisik yang dicapai Proof.

Pencapaian ini menasbihkan BTS pada rekor baru pada penjualan terbesar pada minggu pertama untuk album fisik di AS sejak album Adele bertajuk 30, yang terjual 378.000 kopi dalam minggu pertama tahun lalu.

Proof merupakan album keenam BTS yang memasuki tangga lagu di nomor 1di chart Billboard 200. Dengan itu, BTS menjadi artis Korea pertama yang pernah menduduki puncak Billboard 200 dengan enam album berbeda.

Baca Juga: Jennie Blackpink dan V BTS Dirumorkan Kencan, Ini Kata YG Entertainment
Kabar gembira ini datang setelah tersiar sebelumnya tersiar Kabar mengejutkan dari grup BTS. Dalam puncak peringatan 9 tahun debut, BTS merilis sebuah video yang menyatakan mereka akan hiatus untuk sementara waktu sebagai grup. HYBE pun merilis pernyataan resmi mengenai hal tersebut.

Dikutip dari portal AP News, pihak HYBE membantah sebutan hiatus yang mengacu pada terjemahan di video tersebut.

Sebagai informasi kata/ucapan hiatus yang diucapkan para member dalam bahasa Korea bisa diterjemahkan sebagai off season atau off period atau dalam bahasa Indonesia berarti masa istirahat.

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X