Aktris Hollywood Ini Minta Dimakamkan 5 Tahun Setelah Kematiannya

- Kamis, 15 Juli 2021 | 12:15 WIB
Zsa Zsa Gabor
Zsa Zsa Gabor

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Setengah dekade setelah meninggal dunia, aktris Zsa Zsa Gabor akhirnya sampai di tempat peristirahatan terakhirnya, Selasa (13/7). Abu jenazahnya diangkut ke tempat pemakaman Hungaria dengan penerbangan internasional yang singgah di beberapa bandara.

"Dia duduk di kelas satu, dia duduk di kursinya sendiri, dan dia memegang paspornya, semua ada di sana. Itu adalah perjalanan terakhirnya, dia selalu pergi dengan kelas satu, dia membawa sampanye, kaviar," kata suami Gabor, Frédéric Prinz von Anhalt dilansir New York Post, Kamis (15/7).

Von Anhalt (78 tahun) melakukan perjalanan ke London (Inggris), kemudian Jerman dan akhirnya tiba Budapest (Hungaria) untuk membawa pulang mendiang istrinya, tepat saat pembukaan perbatasan yang sebelumnya ditutup karena pandemi Covid-19. Dalam wasiatnya, aktris serial TV Batman (1968) dan Fresh Prince of Bell-Air (1991) itu meminta untuk dikebumikan di negara asalnya, Hungaria.

"Dia pasti ingin berada di Budapest karena ayahnya juga dimakamkan di situ. Itulah yang dia inginkan dan disebut dalam wasiat terakhirnya," ujar Von Anhalt yang menikah dengan Gabor pada 1986.

Von Anhalt mengatakan, istrinya menginginkan sebuah perayaan hidup, bukan pemakaman untuk abunya. Acara itu diisi band gipsi dan dipenuhi mawar kuning dan merah muda favorit bintang kelahiran 6 Februari 1917 tersebut. Gabor dikebumikan di tempat yang sama dengan aktor, penulis, dan penyair hebat Hungaria.

"Dia melakukan banyak hal untuk orang Hungaria, baik untuk mereka yang melarikan diri setelah pemberontakan tahun 1956 atau selama epidemi polio, dan dia tidak melakukan hal itu karena ingin masuk berita,” kata Von Anhalt.

Gabor melarikan diri ke Amerika Serikat dengan dua saudara perempuannya, Eva dan Magda , pada saat Perang Dunia II. Di sana, Gabor bersaudara menjadi selebritas dunia film. Zsa Zsa muncul di lebih dari 30 film Hollywood dan meninggal pada 18 Desember 2016.(*)

Editor: Miftahul Rizki

Terkini

Said dan Dina Terpilih Sebagai Bujang Dara Inhu 2021

Selasa, 21 September 2021 | 04:10 WIB

Canggih! Mariah Carey Punya Gedung Berjalan Super Mewah

Senin, 20 September 2021 | 19:15 WIB

Mengulas Film Samudra Loka dalam Pekan Literasi Maritim

Minggu, 19 September 2021 | 22:51 WIB
X