Berikut ini Lagu-Lagu yang Terinspirasi dari Sungai di Indonesia

- Kamis, 29 Juli 2021 | 08:10 WIB
Ilustrasi (Sumber visual: gencil.news)
Ilustrasi (Sumber visual: gencil.news)

 

HARIANHALUAN.COM - Hari Sungai Nasional diperingati oleh bangsa Indonesia setiap tanggal 27 Juli. Peringatan ini bertujuan untuk memotivasi masyarakat agar lebih peduli terhadap sungai yang sedari dulu menjadi sumber penghidupan penduduk di sekitarnya. Tak hanya itu, sungai juga menjadi sumber inspirasi bagi para musisi. Sederet lagu terlahir dari keindahan sungai-sungai di Indonesia.

Baca Juga: Sederet Desainer Perempuan Indonesia yang Berhasil Menggebrak Dunia Fesyen Internasional

Memaknai lagu-lagu tersebut bisa menginspirasi kita untuk semakin mencintai sungai. Lagu daerah dari Kalimantan termasuk termasuk paling banyak terinspirasi dari sungai karena pulau ini memang banyak dialiri sungai. Sebut saja lagu berjudul “Aek Kapuas” ciptaan Paul Putra Frederick dam Yan G. Lagu ini menceritakan pesona Sungai Kapuas di Kalimantan Barat. Penggalan liriknya yang berbahasa Melayu berikut ini memperlihatkan bahwa keindahan sungai Kapuas begitu sulit terlupakan.

Konon, orang yang meminum air dari sungai kapuas tidak akan bisa melupakan daerah Kalbar. “Sungai Kapuas punye cerite… Bile kite minom aeknye… Biar pon pegi jaoh kemane… Sunggoh susah nak ngelupakkannye.” “Aek Kapuas” juga menceritakan tentang sejarah Sungai Kapuas. Dalam penggalan selanjutnya tertulis bahwa dahulu sekeliling sungai itu dipenuhi hutan rimbun.

Baca Juga: Bersejarah! Pertama Kali Perempuan Terpilih Jadi Rektor UIN IB Padang

Namun seiring berjalannya waktu, daerah itu berkembang menjadi kota yang terkenal, yakni Pontianak. Sungai sepanjang 1.143 km yang tercatat sebagai sungai terpanjang di Indonesia tersebut memainkan peran penting bagi kehidupan penduduk, terutama bagi peradaban suku Dayak. Mengalir dari Pegunungan Muller hingga ke Selat Karimata, sungai ini menjadi penghubung antar daerah. Kekayaan sumber daya airnya juga menjadi mata pencaharian para nelayan di sekitar sungai.

Sungai lain di Kalimantan yang melahirkan tembang adalah Sungai Mahakam. Sungai kedua terpanjang di Indonesia ini menjadi inspirasi lagu daerah “Balarut di Sungai Mahakam” karya Drs. Djuriansyah dan “Sungai Mahakam” ciptaan Drs. Roesdibyono. Lirik pada kedua lagu tersebut sama-sama menggambarkan keelokan juga histori dari sungai yang mengalir sepanjang 920 km di Kalimantan Timur ini. Pada lagu “Balarut di Sungai Mahakam”, misalnya, terdapat lirik berbunyi: “Sungai Mahakam… memecah buih… basinar putih… diayun angina puhun rumbia…” Nama “Mahakam” sendiri diketahui berasal dari bahasa Sanskerta, yakni kata “maha” yang berarti tinggi atau besar dan “kama” yang berarti cinta. Jadi, makna kata “mahakama” dapat diterjemahkan sebagai cinta yang sangat besar atau agung.

Sementara itu, lagu “Sungai Mahakam” juga menceritakan manfaat sungai ini sebagai jalur lintas perahu perahu yang membawa masyarakat sekitar menyebrang atau pun singgah di suatu tempat. Kapal-kapal dari hulu sungai mahakam sering membawa hasil kekayaan daerah Kaltim seperti batu bara dan kayu. Bahkan, pemanfaatan sungai untuk transportasi kapal pembawa batu bara sudah dilakukan sejak tahun 1888 oleh Kesultanan Kutai Kartanegara. Sungai yang bermuara di Selat Makassar itu juga menopang kebutuhan air bagi kurang lebih 3 juta penduduk di Kota Samarinda, Kutai Kartanegara, dan Kutai Barat. Melalui pengolahan oleh PDAM, penduduk kota bisa menggunakan air tersebut untuk kebutuhan sehari-hari. Apalagi, Sungai Mahakam juga menjadi habitat bagi hewan air yang kini telah langka keberadaannya, yaitu Pesut Mahakam. Selain itu, lumba-lumba air tawar juga bermukim di sungai ini.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: rilis

Terkini

Jess Amalia Pakai Jersey Persija Sebagai Bukti Dukungan?

Jumat, 24 September 2021 | 23:45 WIB

Sejak Hari Ini, Bioskop di Kota Batam Sudah Buka Kembali

Kamis, 23 September 2021 | 23:42 WIB

Pokemon Unite: Game MOBA Pertama dengan Karakter Pokemon

Kamis, 23 September 2021 | 21:01 WIB

Kenapa Oki Setiana Dewi Berharap Doa?

Kamis, 23 September 2021 | 14:26 WIB

Pokemon Unite Sudah Bisa Diunduh di Android dan iOS

Kamis, 23 September 2021 | 11:57 WIB

Tukul Dilarikan ke Rumah Sakit, Ega: Mohon Doanya

Kamis, 23 September 2021 | 09:42 WIB

5 Kebiasaan yang Membuat Hidup Kamu Lebih Bahagia

Rabu, 22 September 2021 | 12:48 WIB
X