Ternyata Ini Penyebab Jet Li Disebut Masuk Daftar Hitam China

Heldi Satria
- Jumat, 3 September 2021 | 07:55 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - China kini mengatur dunia hiburan di negerinya. Administrasi Radio dan Televisi Nasional China, badan yang mengatur showbiz, mengeluarkan aturan baru terkait ini.
Lembaga itu mengatakan regulasi atas program budaya akan diperketat.Mereka juga akan menindak konten yang dianggap 'tidak sehat', termasuk membatasi gaji bintang dan mengejar seleb yang mengemplang pajak.

"Penghindaran pajak akan dihukum berat. Para selebriti didorong untuk berpartisipasi dalam program kesejahteraan masyarakat dan memikul tanggung jawab sosial bersama," bunyi aturan itu dikutip Reuters, Kamis (2/9/2021).

Pemilihan aktor dan bintang tamu acara juga harus dikontrol dengan hati-hati. Literasi politik dan perilaku moral yang dimasukkan sebagai kriteria seleksi.

Pemberitahuan itu juga mengatakan bahwa hiburan yang 'cacat' seperti penampilan pria berlagak seperti wanita dalam program juga harus diakhiri.Hiburan yang melibatkan selebriti vulgar, skandal, dan pamer kekayaan juga harus ditolak.

Ini sejalan dengan aturan yang sebelumnya juga dimuat Cyberspace Administration of China (CAC). Di mana pemerintah akan menghukum penyebaran 'informasi berbahaya' di grup penggemar selebriti di negeri itu, bahkan menutup saluran jika meresahkan.

Pemerintah juga akan mengatur promosi selebriti online. Termasuk melarang daftar yang mengurutkan selebriti berdasar popularitas.

Aturan juga akan menindak eksploitasi finansial dari netizen melalui penjualan merchandise. Termasuk menagih penggemarl ain untuk memilih tindakan favorit mereka di variety show online.

Sementara itu, di pemberitaan berbeda, disebutkan China juga akan mem-blacklist sejumlah aktor yang bukan warga negaranya. Salah satunya adalah Jet Li, yang merupakan WN Singapura.

Namun tak ada penjelasan khusus soal ini. Di saat bersamaan China juga dikabarkan menghapus semua jejak sosial aktris Vicki Zhao dan menerapkan denda hingga US$ 46 juta atau setara Rp 660 miliar ke artis cantiknya Zheng Shuang. (*)

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

Alamak... China Dihajar Resesi Seks, Kok Bisa?

Kamis, 18 Agustus 2022 | 18:32 WIB

Kim Jong Un Sakit Keras, Disebut Tak Bisa Berbaring

Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:57 WIB

Oleksiy Vadatursky, Konglomerat Ukraina Dibom Rusia

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:36 WIB

Joe Biden Positif Covid-19 Lagi, Begini Gejalanya!

Minggu, 31 Juli 2022 | 12:21 WIB
X