Sah! Taliban Umumkan Pemerintahan Baru Afghanistan

Heldi Satria
- Rabu, 8 September 2021 | 04:10 WIB
Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid
Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid


HARIANHALUAN.COM - Taliban menunjuk Mullah Hasan Akhund, rekan pendiri gerakan itu Mullah Omar, sebagai kepala pemerintahan baru Afghanistan dan Sirajuddin Haqqani, yang organisasinya masuk dalam daftar terorisme Amerika Serikat (AS), sebagai Menteri Dalam Negeri.

Haqqani adalah putra pendiri jaringan Haqqani, yang ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh AS. Dia adalah salah satu orang yang paling dicari FBI karena keterlibatannya dalam serangan bunuh diri dan hubungannya dengan al-Qaeda.

Mullah Abdul Ghani Baradar, kepala kantor politik gerakan itu, ditunjuk sebagai wakil Akhund, juru bicara utama Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan pada konferensi pers di Kabul seperti dikutip dari Reuters, Rabu (8/9/2021).

Baca Juga: Polisi Benarkan Taruna PIP Semarang Meninggal Dunia karena Dihajar Senior

Penunjukan Baradar sebagai deputi Akhund, bukan sebagai pejabat tinggi, mengejutkan beberapa pihak karena dia bertanggung jawab untuk merundingkan penarikan pasukan AS dan menampilkan wajah Taliban kepada dunia.

Baradar, juga pernah menjadi teman dekat Mullah Omar, adalah seorang komandan senior Taliban yang bertanggung jawab atas serangan terhadap pasukan AS. Dia ditangkap dan dipenjarakan di Pakistan pada 2010 dan menjadi kepala kantor politik Taliban di Doha, Qatar setelah dibebaskan pada 2018.

Sementara itu Mullah Mohammad Yaqoob, putra Mullah Omar, diangkat sebagai Menteri Pertahanan.

Baca Juga: Penasaran? Mobil Listrik Liliput Buatan Wuling Ini Harganya Ramah di Kantong Lho!

"Semua penunjukan itu dalam kapasitas sementara," kata Mujahid.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: sindonews.com

Tags

Terkini

Oleksiy Vadatursky, Konglomerat Ukraina Dibom Rusia

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:36 WIB

Joe Biden Positif Covid-19 Lagi, Begini Gejalanya!

Minggu, 31 Juli 2022 | 12:21 WIB
X