Wow! Harta Karun Emas Berusia 1.500 Tahun Ditemukan di Romawi

- Sabtu, 11 September 2021 | 14:15 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi


HARIANHALUAN.COM - Penyimpanan emas berusia 1.500 tahun ditemukan pria di Vindelev, sebuah kota sekitar 150 mil dari Kopenhagen, Denmark, dengan menggunakan detektor logam.

Menurut Vejlemuseerne, konsorsium museum di Vejle, Denmark, yang mengumumkan berita tersebut pada Minggu, bahwa harta karun itu berisi lebih dari 2 pon emas.

Harta karun tersebut termasuk koin dari Kekaisaran Romawi serta medali yang dikenal sebagai bracteates, yang akan dijahit ke pakaian dan dipakai sebagai hiasan.

Baca Juga: Gunakan Listrik untuk Rekayasa Sinar Matahari, Hasil Panen Petani Buah Naga Naik 2,5 Kali Lipat

Melansir dari ARTnews, Sabtu (11/9/2021), benda-benda yang baru ditemukan ini diharapkan bisa dipamerkan di Museum Vejlemuseerne pada Februari 2022.

Di antara bracteates itu ada satu yang bertuliskan teks yang diterjemahkan menjadi "Yang Tinggi" hal tersebut mungkin untuk para penguasa yang aktif pada saat itu diproduksi atau dewa Norse Odin. Medali itu, bersama dengan semua benda lain yang ditemukan, berasal dari abad ke-6 M.

Benda-benda pra-Viking ini mungkin telah terkubur di tengah ancaman malapetaka ekologis. Pada tahun 536, sebuah gunung berapi meletus, menciptakan awan abu raksasa yang menyebabkan kelaparan.

Para ahli percaya bahwa, di tengah kekacauan, penduduk Denmark modern menolak penguasa mereka dan berpisah dengan benda-benda emas yang memuat gambar para pemimpin ini, baik sebagai cara menyembunyikan medali dari musuh atau sebagai sarana menenangkan dewa yang marah.

Arkeolog di staf di Vejlemuseerne sekarang mempertimbangkan kemungkinan bahwa Vindelev adalah pusat kerajaan yang luas dan kuat selama Zaman Besi akhir.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

PBB Keluarkan Peringan, Bumi Memasuki Fase Kritis!

Kamis, 28 Oktober 2021 | 17:05 WIB

Indonesia-Pakistan Jajaki Kerja Sama Antar BUMN

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 03:00 WIB

Innalillahi, 46 Orang Tewas akibat Banjir di India

Kamis, 21 Oktober 2021 | 07:35 WIB
X