Menlu Belanda Mengundurkan Diri Setelah Dapat Kritik dari Parlemen

- Jumat, 17 September 2021 | 11:28 WIB
Menteri Luar Negeri Belanda, Sigrid Kaag (Foto: Reuters)
Menteri Luar Negeri Belanda, Sigrid Kaag (Foto: Reuters)

HARIANHALUAN.COM - Menteri Luar Negeri Belanda, Sigrid Kaag memutuskan mengundurkan diri. Hal ini setelah mendapat kritik keras dari parlemen Belanda yang menganggap gagal bertugas terkait kondisi Afghanistan.

Kaag ecara resmi menyatakan mengundurkan diri pada Kamis, 16 September 2021. Ia menyerahkan kembali mandatnya pada Maha Raja setelah parlemen menyatakan sikap mengutuk penanganannya terhadap krisis di Afghanistan.

Seperti diberitakan reuters.com, anggota parlemen Belanda bersepakat menyetujui mosi tak percaya pada Kaag karena gagal mengevakuasi beberapa warga Afghanistan.

Di hadapan parlemen Kaag menyatakan, atas dasar budaya dan nilai demokrasi, dirinya mundur jika sudah tidak mendapat kepercayaan lagi.

"Saya memiliki pandangan tentang demokrasi dan budaya pemerintahan kita. Seorang menteri harus pergi jika kebijakan itu tidak disetujui. Oleh karena itu, saya akan menyerahkan pengunduran diri saya sebagai menteri luar negeri kepada Yang Mulia Raja," ucap Kaag di hadapan parlemen, dikutip dari Pikiran-Rakyat.com dengan judul Dicap Gagal Bertugas, Menlu Mengundurkan Diri: Dalam Budaya Belanda Menteri Harus Pergi Jika....

Kaag melihat jika apa yang telah diambil sebagai sebuah kebijakan, maka akan ada konsekuensi yang harus diambil.

"Saya memiliki komitmen. Hanya saja saya harus menerima konsekuensi dari penilaian ini sebagai menteri dengan tanggung jawab tertinggi," kata dia menambahkan.

Meski begitu, Kaag mengatakan pada Parlemen Belanda, dirinya akan tetap menjadi pemimpin partai kiri-tengah D66.

Sejauh ini, parlemen menuding para menteri apatis dan terperosok dalam kelambatan dan ketidakjelasan selama krisis evakuasi.

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

Kecelakaan Pesawat di Rusia, 16 Orang Dilaporkan Tewas

Minggu, 10 Oktober 2021 | 20:35 WIB

Terpopuler

X