Abdelaziz Bouteflika yang Merupakan Mantan Presiden Aljazair Meninggal Dunia

- Sabtu, 18 September 2021 | 09:55 WIB
Mantan Presiden Aljazair, Abdelaziz Bouteflika.
Mantan Presiden Aljazair, Abdelaziz Bouteflika.


HARIANHALUAN.COM - Kabar duka datang dari negara Aljazair. Mantan Presidennya Abdelaziz Bouteflika, meninggal pada usia 84 tahun. Kabar kematiannya dilaporkan laman Alarabiyah Jumat (17/9/2021) malam.

Bouteflika mengundurkan diri sebagai penguasa Aljazair pada 2019 setelah dua dekade berkuasa di negara Arab itu. Pengundurannya kala itu menyusul aksi protes rakyat di seluruh negeri terhadap pemerintahannya.

Baca Juga: Tetap Waspada! BMKG Ingatkan Skenario Terburuk yang Bisa Terjadi di Pacitan Jawa Timur

Usai Menolak Lawan Israel di Olimpiade Tokyo 2020 Gerakan Hirak, kelompok yang memimpin unjuk rasa untuk menggulingkan Bouteflika dua tahun lalu, memulai kembali aksi protes mereka pada awal tahun ini. Kali ini, mereka menuntut agar Aljazair menerapkan“negara sipil”, bukan “negara militer”.

Bouteflika adalah seorang veteran perang kemerdekaan Aljazair. Dia juga menjadi satu-satunya pemimpin yang dikenal banyak orang di negeri Afrika Utara itu. Ini Alasannya Bouteflika pertama kali terpilih sebagai presiden pada 1999. Sejak berkuasa, dia berhasil membuktikan kepemimpinannya dengan mengakhiri perang saudara di Aljazair. (*)

 



Editor: Heldi Satria

Sumber: INews.id

Tags

Terkini

Kecelakaan Pesawat di Rusia, 16 Orang Dilaporkan Tewas

Minggu, 10 Oktober 2021 | 20:35 WIB

Terpopuler

X