Rilis Laporan Covid-19 RI dari WHO, Banten-Jateng Disorot

- Sabtu, 18 September 2021 | 10:55 WIB
Tedros Adhanom
Tedros Adhanom


HARIANHALUAN.COM - WHO memberikan laporan terbaru soal penurunan kasus Covid-19 di Indonesia yang menjadi perhatian lembaga PBB ini. Laporan bertajuk "Covid-19 Situation Report-72" ini memuat bagaimana corona RI mencatat penurunan 30% kasus di rentang tanggal 6 hingga 12 September, jika dibanding dengan minggu sebelumnya.

Tingkat kematian di waktu yang sama juga menurun 23%. Bukan hanya itu, di wilayah Jawa Bali terlihat jelas bagaimana kasus mulai turun selama seminggu. Namun, WHO masih mencatat penurunan di level moderat di luar Jawa-Bali.

Karenanya, WHO meminta RI mengevaluasi tren ini. Provinsi dan level analisis daerah harus mengevaluasi tren ini.

Meski demikian pelonggaran penguncian disebut WHO harus diwaspadai. Setidaknya ini terlihat di Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim), dan Banten.

WHO mencatat ada peningkatan signifikan mobilitas masyarakat di bidang ritel dan rekreasi. Bahkan disebutnya telah mencapai pra-pandemi.

Karenanya, WHO meminta rencana antisipasi dan mitigasi. Ada kemungkinan, ini akan meningkatkan transmisi Covid-19 dan berujung pada kapasitas sistem kesehatan nasional dan daerah.

"Tren peningkatan mobilitas masyarakat terlihat di seluruh provinsi di Jawa dan Bali, khususnya di stasiun transit dan ritel dan rekreasi. Peningkatan yang mencolok dalam mobilitas masyarakat di ritel dan rekreasi diamati terutama di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Banten, di mana tingkat mobilitas pra-pandemi telah tercapai (Covid-19 Situation Report 72)," tulis WHO seperti dikutip dari CNBC Indonesia.

Baca Juga: Atta Halilintar Akhirnya Polisikan Savas Fresh Terkait Pencemaran Nama Baik

Sebab itu, perlu rencana konkrit untuk mengantisipasi dan mengurangi kemungkinan dampak dari peningkatan mobilitas transmisi dan kapasitas sistem kesehatan di tingkat nasional dan tingkat subnasional.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

Kecelakaan Pesawat di Rusia, 16 Orang Dilaporkan Tewas

Minggu, 10 Oktober 2021 | 20:35 WIB

Terpopuler

X