Bersiap Hadapi Lonjakan Covid-19, Singapura Perintahkan Isolasi Mandiri di Rumah

- Senin, 20 September 2021 | 14:04 WIB
Ilustrasi Singapura (Foto: Okezone)
Ilustrasi Singapura (Foto: Okezone)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Singapura menetapkan mayoritas pasien Covid-19 untuk melakukan isolasi mandiri di rumah, bukan di rumah sakit. Pasalnya, negara tersebut tengah bersiap menghadapi lonjakan kasus Covid-19 dalam beberapa minggu mendatang.

Menteri Kesehatan Singapura Ong Ye Kung menyebut, lonjakan kasus tak terduga itu sebagai 'peralihan' bagi negara mana pun yang berharap untuk hidup berdampingan dengan virus corona SARS COV-2 tersebut.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Singapura Kembali Terapkan Sekolah Daring

Hanya saja perbedaannya, negara-negara lain telah mengalami gelombang seperti itu sejak awal pandemi, sementara Singapura baru mengalaminya setelah lebih dari 80 persen populasi telah divaksinasi lengkap.

Menurut Ong, yang terpenting dalam menangani situasi itu adalah mengawasi jumlah orang yang terinfeksi dan mengalami sakit parah.

"Kita berada di jalur transisi menuju kehidupan normal baru dengan Covid-19. Ini adalah perjalanan yang tidak pasti dan penuh liku-liku," ucapnya dalam konferensi pers daring, dikutip dari The Straits Time melalui Suara.com, Senin (20/9/2021).

Baca Juga: KBRI Singapura Bantu RSUD Solok Selatan Generator Oksigen

Kepala gugus tugas penanganan Covid-19 Singapura menyoroti tiga hal yang belum bisa diprediksi dalam lonjakan kasus tersebut. Pertama, Singapura tidak tahu berapa lama jumlah kasus harian akan meningkat.

Kedua, tidak jelas apakah negara akan kehabisan kapasitas unit perawatan intensif, meskipun siap untuk melipatgandakan jumlah tempat tidur yang tersedia menjadi 300 dalam waktu singkat.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Suara.com

Tags

Terkini

PBB Keluarkan Peringan, Bumi Memasuki Fase Kritis!

Kamis, 28 Oktober 2021 | 17:05 WIB

Indonesia-Pakistan Jajaki Kerja Sama Antar BUMN

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 03:00 WIB

Innalillahi, 46 Orang Tewas akibat Banjir di India

Kamis, 21 Oktober 2021 | 07:35 WIB
X