Dibalik Tema ‘Car Free Day’ Pada Peringatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor 2021

- Rabu, 22 September 2021 | 13:23 WIB
Hari Bebas Kendaraan Bermotor
Hari Bebas Kendaraan Bermotor

Setiap tanggal 22 September, seluruh dunia memperingati Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day. Peringatan tersebut dilakukan untuk mengurangi tingkat polusi udara yang tiap hari semakin tebal akibat asap yang dikeluarkan dari kendaraan bermotor.

Menurut The World Carfree Network, peringatan Hari Bebas Kendaraan Internasional dapat dijadikan sebagai gambaran suatu kota bisa lebih ‘terlihat, terasa, dan terdengar’ jika tidak adanya mobil atau motor yang berlalu lalang selama satu hari.

Dengan adanya peringatan ini, diharapkan agar jalan-jalan besar dan padat yang ada di perkotaan dibebaskan dari kendaraan dan dapat difungsikan ke hal lain yang lebih bermanfaat dan sehat. Misalnya saja di kota Sao Paulo, Brazil, mereka memanfaatkan jalanan yang besar untuk berkuda ketika sedang Hari Bebas Kendaraan Internasional. Selain itu di kota Wina, Austria, banyak juga orang yang menggelar piknik di jalanan, serta di Jakarta digunakan untuk lari.

Dengan membebaskan kendaran selama satu hari, tentunya akan banyak sekali manfaat baik yang akan berdampak bagi manusia dan juga lingkungan. Tanpa kendaraan, manusia bisa menggunakan waktu ini untuk berolahraga demi menjaga tubuh tetap sehat. Sedangkan untuk lingkungan sendiri bermanfaat untuk mengurangi polusi udara sehingga udara bisa lebih sehat dan segar.

Baca Juga: Studi Ungkap Polusi Udara Pengaruhi Tingkat Kematian Corona

Beberapa Program Saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor
Saat memperingati Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day, terdapat 2 program yang diselenggarakan. Pertama adalah Program Berbagi Jalan atau Share the Road Programme dan yang kedua Breathe Life untuk udara yang lebih bersih.

Program Berbagi Jalan merupakan suatu program yang diadakan untuk mendukung pemerintah serta pemangku kepentingan negara-negara berkembang untuk berinvestasi pada infrastruktur pejalan kaki dan sepeda.

Sedangkan untuk program Breathe Life adalah suatu program yang mengkampanyekan untuk udara lebih bersih yang diselenggarakan secara global. Demi menciptakan udara yang sehat, kampanye ini sudah banyak diikuti oleh kota-kota besar di dunia.

Breathe Life dipimpin oleh Organisasi Kesehatan Dunia, UNEP, serta Koalisi Iklim dan Udara Bersih. Kampanye ini sangatlah mendukung inisiatif udara bersih, menyebarluaskan tentang penggunaan energi bersih, serta membantu kota, wilayah, dan negara untuk mengembangkan kebijakan dan sebagai program untuk meminimalisir polusi udara.

Kesimpulannya adalah, Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor diselenggarakan untuk mengurangi polusi udara yang tiap harinya semakin tinggi. Selain itu, peringatan ini juga bertujuan untuk menciptakan lingkungan dan gaya hidup yang lebih sehat.

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: Tirto .id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kecelakaan Pesawat di Rusia, 16 Orang Dilaporkan Tewas

Minggu, 10 Oktober 2021 | 20:35 WIB

Terpopuler

X