Arkeolog Klaim 3.600 Tahun Silam di Yordania Terjadi Ledakan Besar dan Hancurkan Seluruh Kota

- Minggu, 26 September 2021 | 20:36 WIB
Kehancuran istana di Tall el-Hammam. (Nature)
Kehancuran istana di Tall el-Hammam. (Nature)

HARIANHALUAN.COM - Arkeolog mengklaim telah menemukan bukti adanya peristiwa ledakan besar yang terjadi sekitar 3.600 tahun silam. Disebutkan kalau ledakan kosmik ini menghancurkan seluruh kota di dekat Laut Mati.

Dalam laporan, disebutkan kalau ledakan kosmik ini lebih besar dari peristiwa ledakan udara Tunguska yang terkenal di Rusia pada 1908, dan 1.000 kali lebih kuat dari bom atom Hiroshima.

Peristiwa ledakan besar tersebut meratakan kota Tall el-Hammam yang berkembang pesat, terletak di tempat yang sekarang disebut Yordania.

Para peneliti memperkirakan batu ruang angkasa selebar sekitar 50 meter meledak sekitar 4 km (2,5 mil) di atas Bumi, mengirimkan kilatan yang menyilaukan dan gelombang panas pada 2.000 derajat (3.600 F ).

Pananya membakar struktur dan badan kayu, dan melelehkan benda logam apa pun seperti pedang atau tombak, serta struktur tembikar dan bata lumpur.

Tapi kehancuran belum berakhir. Beberapa detik kemudian, gelombang kejut besar meratakan segalanya, termasuk kompleks istana berlantai 4 hingga 5 dan dinding benteng bata lumpur setebal 4 m.

Di banyak situs di Timur Tengah, penggalian atau studi arkeologi mengungkapkan beberapa lapisan tempat tinggal masa lalu yang memiliki signifikansi keagamaan atau nasionalis untuk lebih dari satu kelompok etnis.

Wilayah di sekitar Tall el-Hammam berbeda, karena sejak akhir Zaman Perunggu Tengah, wilayah di timur Yordania ini mengalami semacam bencana yang mengakhiri peradaban, dan tetap tidak dihuni selama lima hingga 700 tahun ke depan.

Selain itu, daerah ini pada awalnya merupakan salah satu lahan pertanian paling produktif di wilayah tersebut dan telah mendukung peradaban yang berkembang terus menerus selama setidaknya 3.000 tahun.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Hitekno.com

Terkini

Indonesia-Pakistan Jajaki Kerja Sama Antar BUMN

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 03:00 WIB

Innalillahi, 46 Orang Tewas akibat Banjir di India

Kamis, 21 Oktober 2021 | 07:35 WIB

Jamaah yang Sudah Divaksin Sinovac Dibolehkan Umrah

Selasa, 19 Oktober 2021 | 05:10 WIB

Selama Pandemi, Kasus Bunuh Diri di Thailand Meningkat

Minggu, 17 Oktober 2021 | 19:40 WIB
X