Ini Sederet Delegasi Perempuan Indonesia yang Berani 'Bungkam' Tuduhan Vanuatu di Forum PBB

Milna Miana
- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 11:30 WIB
Foto istimewa
Foto istimewa

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Vanuatu, sebuah negara kepulauan yang memiliki luas daratan 12 kilometer persegi atau seluas Pulau Maluku, lagi-lagi menyinggung soal pelanggaran HAM di Papua dalam forum internasional. Sejak 2016, perwakilan Vanuatu selalu mengungkit isu ini dalam Sidang Umum PBB.

Fitnah dan tindakan ikut campur Vanuatu tersebut pun tak dibiarkan begitu saja oleh perwakilan Indonesia. Dalam forum tersebut, sederet perempuan muda yang menjadi delegasi Indonesia mampu menjawab tuduhan ini dengan cerdas dan tegas. Siapa saja mereka?

Nara Masista Rakhmatia

Tahun 2016, Nara mewakili Indonesia dalam Sidang Majelis Umum PBB ke-71. Kala itu, Vanuatu bersama lima negara Pasifik lainnya juga menyinggung masalah yang sama. Mereka bahkan mendesak PBB untuk menyelidiki dugaan pelanggaran HAM di Papua.

Pernyataan tersebut lalu dibalas dengan cerdas oleh Nara. Perempuan muda ini menyampaikan bahwa kritik Vanuatu dan lima negara lain sebagai motif politik yang dirancang untuk mengalihkan perhatian dari masalah negara mereka sendiri.

Nara yang ketika itu menjabat di misi tetap Indonesia untuk PBB menyatakan, laporan Vanuatu sengaja dirancang untuk mendukung kelompok-kelompok separatis di Provinsi Papua Barat, yang telah secara konsisten terlibat dalam menghasut kekacauan publik dan dalam melakukan serangan teroris bersenjata.

Vanuatu bahkan mendukung perjuangan kelompok separatis Papua seperti Gerakan Pembebasan Papua Barat (ULMWP) yang dipimpin Benny Wenda. Negara tersebut menjadi saksi tempat ULMWP didirikan.

Ainan Nuran

Satu tahun kemudian, lagi-lagi Negara berpenduduk sebesar 270 ribu jiwa itu mengangkat isu serupa. Ainan Nuran menjadi delegasi yang membacakan hak jawab dalam sesi debat tersebut.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Terkini

Gunung Fuji di Jepang Dikabarkan Akan Meletus

Minggu, 5 Desember 2021 | 05:05 WIB

Calon Diplomat Ikuti Sekolah Dinas Luar Negeri

Selasa, 30 November 2021 | 17:54 WIB

156 Jiwa Meninggal Akibat Kolera di Afrika Barat

Selasa, 30 November 2021 | 13:33 WIB
X