Terus Ditekan China, Presiden Taiwan: Kami Tidak akan Tunduk

Dodi Caniago
- Minggu, 10 Oktober 2021 | 22:47 WIB
Presiden Taiwan Tsai Ing-wei
Presiden Taiwan Tsai Ing-wei

HARIANHALUAN.COM - Tekanan demi tekanan melalui aksi angkatan udara China yang berkali-kali terbang di zona pertahanan Taiwan, telah menimbulkan kekhawatiran dunia internasional.

Baca Juga: Pukul Jatuh Deontay Wilder, Begini Kata Tyson Fury

Namun demikian Presiden Taiwan Tsai Ing-wei menegaskan, Taiwan  tidak akan tunduk pada tekanan.  Negaranya akan terus memperkuat pertahanannya untuk memastikan tak satu pun negara lain bisa memaksanya tunduk pada aturan yang ditetapkan China.

Berpidato dalam pawai Hari Nasional, Tsai mengatakan dia berharap ketegangan di Selat Taiwan mereda.

Dia mengulangi pernyataan bahwa Taiwan tidak akan "bertindak gegabah".

"Namun tak akan ada ilusi bahwa rakyat Taiwan akan tunduk pada tekanan," kata dia, seperti dilansir laman Antara mengutip Reuters, Minggu (10/10/2021).

"Kami akan terus memperkuat pertahanan nasional kami dan menunjukkan tekad kami untuk mempertahankan diri untuk memastikan tak satu pun pihak dapat memaksa Taiwan untuk mengikuti jalan yang telah ditetapkan China buat kami," kata Tsai.

"Sebab jalan yang telah ditetapkan China tidak menawarkan cara hidup yang bebas dan demokratis bagi Taiwan, juga kedaulatan bagi 23 juta jiwa rakyat kami."

Negara pulau yang diklaim oleh China sebagai wilayahnya itu berada di bawah tekanan militer dan politik yang terus meningkat untuk menerima aturan China.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: Merdeka.com

Tags

Terkini

Ngeri! Covid Eropa Melonjak, WHO Beri Warning

Rabu, 24 November 2021 | 08:09 WIB

WHO Ingatkan Lonjakan Kasus Covid-19 di Eropa

Senin, 22 November 2021 | 17:05 WIB
X