Paksa Siswi Muslim Lepas Jilbab, Aktivis di AS Desak Pemecatan Seorang Guru

Dodi Caniago
- Senin, 11 Oktober 2021 | 21:43 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Para aktivis kelompok advokasi hak-hak sipil untuk Muslim, Council on American-Islamic Relations (CAIR NJ), menyerukan permintaan pemecatan seorang guru SD Seth Boyden karena memaksa siswi muslim membuka jilbab.

Baca Juga: Ketua Umum DDII Berharap Perguruan Thawalib Terus Lahirkan Alim Ulama

Sekolah Dasar Seth Boyden terletak di Maplewood NJ, sebuah kota kecil di Essex County, New Jersey,  Amerika Serikat (AS).

Ibu korban, Cassandra Wyatt, mengatakan bahwa sang guru melepas paksa jilbab putrinya, Sumayyah (7 tahun), di kelas. Wyaat mengaku telah membiasakan putri-putrinya untuk mengenakan jilbab sejak dini.

Hingga suatu hari dia mendengar kesaksian salah satu putrinya, Sumayyah (7 tahun) yang mengatakan bahwa guru kelasnya di sekolah melepas paksa jilbabnya.

"Dia (Sumayyah) berkata, 'Ya Bu, dia melepas jilbab saya. Dia menariknya, berkata, 'Kamu tidak bisa memakainya di sini,'' dan kemudian dia melepasnya,” tutur Wyaat seperti dilansir republika mengutip CBS, Senin (11/10/2021).

Menurut Wyaat, saat itu Sumayyah sempat menolak dan mengatakan, “Tidak, tidak, ini jilbab saya,” kepada sang guru, namun kemudian guru itu tetap melepasnya dengan paksa dan memperlihatkan rambut Sumayyah kepada seisi kelas, lalu berkata, 'Rambutmu bagus’.

Sumayyah saat itu hanya dapat mengucapkan terima kasih, merespons pujian sang guru, dan segera memakai kembali jilbabnya, berusaha meredakan rasa malu karena seluruh siswa di kelas melihatnya.

Sebuah kelompok advokasi hak-hak sipil utuk Muslim, Council on American-Islamic Relations (CAIR NJ), telah menyerukan permintaan pemecatan guru tersebut.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: republika.co.id

Tags

Terkini

Indonesia Tambah 1.000 Personel Penjaga Perdamaian

Rabu, 8 Desember 2021 | 16:45 WIB

Pembakaran Masjid di Siprus Dapat Kecaman dari Turki

Selasa, 7 Desember 2021 | 06:00 WIB

Masjid Agung Cordoba Alami Masalah 'Kritis'

Selasa, 7 Desember 2021 | 01:41 WIB

Gunung Fuji di Jepang Dikabarkan Akan Meletus

Minggu, 5 Desember 2021 | 05:05 WIB
X