Tegas! Senator AS Minta Facebook Hentikan Proyek Mata Uang Kripto

Heldi Satria
- Rabu, 20 Oktober 2021 | 20:55 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi


HARIANHALUAN.COM - Sejumlah senator Amerika Serikat meminta Facebook menghentikan proyek percobaan mata uang kripto dengan alasan platform tersebut tidak bisa dipercaya untuk mengurus mata uang kripto.

Senator dari Partai Demokrat Brian Schatz, Sherrod Brown, Richard Blumenthal, Elizabeth Warren dan Tina Smith mengirim surat kepada CEO Facebook Mark Zuckerberg, dan menyatakan tidak setuju atas proyek mata uang kripto Facebook yang baru diluncurkan, bernama Novi.

"Facebook sekali lagi merencanakan proyek mata uang digital dengan linimasa yang agresif dan sudah meluncurkan percobaan jaringan infrastruktur pembayaran, meskipun rencana ini tidak sesuai dengan aturan finansial terkini," kata mereka, dikutip dari Reuters pada Rabu, 20 Oktober 2021.

Baca Juga: Tinjau Vaksinasi di SMA N 2 Sungai Limau, Suhatri Bur: Meski Sudah Vaksin, Tapi Harus Tetap Jaga Prokes

Dalam surat tersebut, para senator menyatakan, "Facebook tidak bisa dipercaya untuk mengurus sistem pembayaran atau mata uang digital ketika kemampuan manajemen risiko dan menjaga keamanan konsumen mereka terbukti tidak memadai."

Juru bicara Novi menyatakan akan menjawab surat tersebut.

Facebook pada 2019 lalu mengumumkan rencana proyek mata uang kripto, namun dengan segera ditentang legislator di berbagai negara. Facebook dianggap akan mengganggu sistem keuangan, memicu aksi kriminal dan membahayakan privasi pengguna.

Proyek mata uang kripto ini diperbarui pada Desember lalu supaya bisa mendapat persetujuan dari regulator. (*)

Editor: Heldi Satria

Sumber: tempo.id

Tags

Terkini

Calon Diplomat Ikuti Sekolah Dinas Luar Negeri

Selasa, 30 November 2021 | 17:54 WIB

156 Jiwa Meninggal Akibat Kolera di Afrika Barat

Selasa, 30 November 2021 | 13:33 WIB

Raja Salman Cari Investor dan Siap Tawarkan 160 Proyek

Senin, 29 November 2021 | 22:35 WIB
X