Begini Reaksi 10 Negara yang Dubesnya Diusir Oleh Pemerintah Turki

Heldi Satria
- Senin, 25 Oktober 2021 | 18:33 WIB
Recep Tayyip Erdogan
Recep Tayyip Erdogan


HARIANHALUAN.COM - 10 duta besar dari 10 negara diusir oleh pemerintah Turki, termasuk Amerika Serikat (AS). Langkah itu dilakukan lantaran negara-negara itu menuntut pembebasan tokoh pebisnis dan filantropis asal Turki, Osman Kavala.

Kesepuluh negara tersebut adalah Kanada, Denmark, Prancis, Jerman, Belanda, Norwegia, Swedia, Finlandia, Selandia Baru, dan AS. Sebanyak tujuh negara di antaranya merupakan sekutu Turki dalam aliansi militer NATO.

Baca Juga: Fadil dan Putri Jadi Uda-Uni Kota Padang Panjang 2021

Beberapa negara mulai buka suara mengenai kebijakan Erdogan. Norwegia mengatakan kedutaannya belum menerima pemberitahuan dari otoritas Turki.

"Kami akan terus meminta Turki untuk mematuhi standar demokrasi dan aturan hukum yang negara itu berkomitmen di bawah Konvensi Hak Asasi Manusia Eropa," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Norwegia Trude Maaseide seraya menambahkan Turki sangat menyadari pandangan Norwegia.

Sementara sebuah sumber di Kementerian Luar Negeri Jerman juga mengatakan, 10 negara itu sedang berkonsultasi satu sama lain. Legislator Jerman menyerukan tanggapan keras terhadap Turki.

"Tindakan tidak bermoral Erdogan terhadap para pengkritiknya menjadi semakin tanpa hambatan. Jalan otoriter Erdogan harus dihadapi secara internasional," kata wakil presiden Bundestag Claudia Roth kepada kantor berita DPA seraya menambahkan akan menuntut sanksi dan penghentian ekspor senjata ke Turki.

"Kemungkinan pengusiran 10 duta besar, termasuk perwakilan Jerman dan banyak sekutu NATO Turki, tidak bijaksana, tidak diplomatis, dan akan melemahkan kohesi aliansi," cuit anggota parlemen dan pakar kebijakan luar negeri Alexander Graf Lambsdorff.

Menteri Luar Negeri Denmark Jeppe Kofod mengatakan kementeriannya belum menerima pemberitahuan resmi. Tetapi, Denmark telah melakukan kontak dengan teman-teman dan sekutunya.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

Indonesia Tambah 1.000 Personel Penjaga Perdamaian

Rabu, 8 Desember 2021 | 16:45 WIB

Pembakaran Masjid di Siprus Dapat Kecaman dari Turki

Selasa, 7 Desember 2021 | 06:00 WIB

Masjid Agung Cordoba Alami Masalah 'Kritis'

Selasa, 7 Desember 2021 | 01:41 WIB

Gunung Fuji di Jepang Dikabarkan Akan Meletus

Minggu, 5 Desember 2021 | 05:05 WIB
X