Krisis Energi Bikin Singapura Terancam Gelap Gulita, Bakal Impor Listrik dari Indonesia?

Rahma Nurjana
- Sabtu, 30 Oktober 2021 | 10:15 WIB
Krisis Energi Bikin Singapura Terancam Gelap Gulita (Foto: Reuters)
Krisis Energi Bikin Singapura Terancam Gelap Gulita (Foto: Reuters)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Krisis energi juga tengah dialami oleh negara tetangga Indonesia, yakni Singapura. Akibat dari krisis energi tersebut akan berdampak pada pasokan listrik di negara itu.

Dikutip dari CNBC Indonesia, Sabtu (30/10/2021), hal ini terjadi akibat terganggunya pasokan gas alam sehingga beberapa perusahaan produsen listrik mulai menyatakan akan keluar dari bisnis listrik di Singapura.

Pekan lalu, Ohm Energy dan iSwitch menyatakan akan menghentikan operasinya dan telah mengembalikan rekening pengguna ke SP group, perusahaan listrik milik negara di Singapura.

Secara total, setidaknya saat ini sudah ada tiga perusahaan mengaku akan keluar dari bisnis listrik di Singapura. Negara ini memang telah meliberasi listrik sejak 2018, dengan meluncurkan sistem Pasar Terbuka

Lalu apa yang akan dilakukan Singapura dalam menyiasati hal ini?

Guna mencegah Singapura 'gelap gulita', pemerintah pun berencana untuk mulai mengimpor tenaga listrik dari negara sekitarnya. RI menjadi salah satu negara yang akan mengirimkan listriknya ke sana.

Pemerintah Singapura berencana untuk mulai mengimpor tenaga listrik dari negara sekitarnya. RI menjadi salah satu negara yang akan mengirimkan listriknya ke sana.

Nantinya Singapura akan mengimpor sebanyak 100 megawatt (MW) pasokan listrik dari pembangkit tenaga surya yang berlokasi di Pulau Bulan, Provinsi Kepulauan Riau. Ini akan dimulai pada 2024 mendatang.

"Uji coba ini memungkinkan kami untuk mempelajari dan meningkatkan sistem dan proses kami saat kami meningkatkan impor kami," kata Gan dalam pidatonya di acara Singapore International Energy Week sebagaimana dikutip Reuters.

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

Alamak... China Dihajar Resesi Seks, Kok Bisa?

Kamis, 18 Agustus 2022 | 18:32 WIB

Kim Jong Un Sakit Keras, Disebut Tak Bisa Berbaring

Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:57 WIB

Oleksiy Vadatursky, Konglomerat Ukraina Dibom Rusia

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:36 WIB

Joe Biden Positif Covid-19 Lagi, Begini Gejalanya!

Minggu, 31 Juli 2022 | 12:21 WIB
X