Kedekatan Sosial Budaya, Indonesia dan Thailand Perkuat Kerja Sama

- Minggu, 31 Oktober 2021 | 12:29 WIB
Wisata Thailand (Traveloka)
Wisata Thailand (Traveloka)

HARIANHALUAN.COM - Duta Besar (Dubes) Indonesia di Thailand, Rachmat Budiman mengatakan faktor kedekatan goegrafis dan sosial budaya antara kedua negara merupakan modal meningkatkan kerjasama RI-Thailand.

Kerjasama tersebut bidang ekonomi, sosial budaya dan pendidikan terutama di Provinsi Songkhla, Satun, Pattani, Yala dan Narathiwat.

"Indonesia terbuka dan siap melakukan berbagai kerja sama di bidang ekonomi, sosial budaya dan pendidikan dengan berbagai stakeholders di Thailand Selatan," kata Rachmat Budiman saat courtesy call dengan Gubernur Songkhla, Gubernur Satun, Gubernur Pattani, Gubernur Yala, serta Wakil Gubernur Narathiwat dalam rangkaian kunjungan kerja tanggal 25 – 28 Oktober 2021.

Dubes Rachmat Budiman bahwa modalitas kedekatan geografis dan kemiripan budaya harus dimanfaatkan secara maksimal dalam upaya mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat kedua negara. Tidak lupa dalam kesempatan tersebut, Duta Besar menitipkan WNI yang ada di lima provinsi tersebut kepada masing-masing Gubernur, termasuk kemudahan akses untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Pendidikan juga menjadi bidang kerja sama yang digarisbawahi dalam kunjungan perdana Duta Besar Rachmat Budiman ke wilayah Thailand Selatan. Tercatat 265 WNI yang tinggal di lima provinsi tersebut, didominasi mahasiswa. Sementara, terdapat 1.400 mahasiswa asal Thailand Selatan yang menimba ilmu di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.

Dubes Rachmat Budiman menekankan bahwa, “Kerja sama pendidikan dapat menjadi jembatan dalam peningkatan hubungan bilateral, utamanya untuk meningkatkan kualitas generasi muda Indonesia dan Thailand yang akan menjadi pemimpin di masa depan".

Secara khusus, Duta Besar RI juga bertemu Commander of 4th Army Region/Director for Internal Security Operation Command 4 (ISOC), Letjen Kriangkai Srirak, untuk memperoleh penjelasan langsung mengenai situasi keamanan di Thailand Selatan dan berdiskusi mengenai peluang kerja sama pertahanan.

Dalam kesempatan tersebut, Duta Besar RI sampaikan posisi Indonesia yang hormati integritas wilayah dan kedaulatan Thailand dalam penanganan situasi di Thailand Selatan dan kesiapan Indonesia untuk berbagi pengalaman jika diminta.

Duta Besar Rachmat Budiman juga merujuk pada kunjungan Panglima Angkatan Darat Thailand, Jenderal Apirat Kongsompong ke Indonesia tahun 2020, yang menyampaikan keinginannya untuk belajar penyelesaian konflik seperti di Aceh.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: kemlu.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

China Ciptakan Bulan Buatan, untuk Apa?

Senin, 17 Januari 2022 | 08:30 WIB

Wanita Suku Miao Punya Tradisi Unik Hias Rambut

Selasa, 11 Januari 2022 | 23:28 WIB
X