SK Pensiun Dibarengi Dana Taspen

- Senin, 26 Januari 2015 | 18:33 WIB

Dia menjelaskan, layanan proaktif otomatis yang meru­pakan salah satu sasaran utama dalam Roapmap Taspen 2014-2029 diwujudkan de­ngan mem­perkuat sistem teknologi informasi di tubuh perusahaan tersebut. Teknologi itu me­nyim­pan database peserta me­lalui file elektronik atau prog­ram Electronic File System (EFS).

Program tersebut yang me­ngolah data base peserta sehingga menghasilkan infor­masi yang dibutuhkan, baik itu masa pensiun peserta ataupun berkas persyaratan yang dibutuhkan.

“Makanya, sistem oto­matis ini memberitahukan kapan peserta pensiun. Dengan demikian begitu SK pensiun keluar, Taspen juga langsung serahkan dana Taspennya. Dan ini sudah mulai kami terap­kan, namun baru setingkat pejabat negara. Kami targetkan 2018 sudah bisa melayani seluruh peserta golongan IV C dan selanjutnya tentunya kepada seluruh peserta secara bertahap,” jelas pria asal Solok itu.

Sistem komputerisasi EFS tersebut juga didukung layanan lainnya yang telah electronis seperti Otentifikasi Peserta, Smart-Card, e-KARIP dan e-Banking serta mobil pelayanan keliling yang juga menggu­nakan layanan electronic.

“Sistem komputerisasi ini juga telah diterapkan di Padang. Bahkan, beberapa waktu lalu ketika kami memproses klaim asuransi Bapak Mahyeldi yang waktu itu sebagai Wakil Wali­kota Padang, beliau terkejut setelah diberi tahu oleh pe­gawai Taspen. Nah, sistem inilah yang meng­ingatkan kita segala urusan di Taspen ini. Begitu juga kepada peserta lainnya, kami akan jemput bola dalam pelayanan ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kacab Uta­ma Taspen Medan, Herry Avianto menambahkan, pe­ning­katan layanan itu meru­pakan tema dari Raker Taspen 2015 yakni Meningkatkan Daya Saing, Mengembangkan Produk dan Layanan untuk Mempercepat Eksistensi PT Taspen dengan Penyeleng­garaan Program Mensejah­terakan Aparat Sipil Negara dan Pejabat Negara.

Raker Taspen yang ber­langsung dua hari tersebut diikuti seluruh kepala cabang wilayah I Sumatera yakni sela­in Padang dan KCU Medan, Darius Chaniago (Kacab Ban­da Aceh), Aceng Sudarja (Kacab Pematang Siantar), Edison Situmorang (Kacab Tanjung Pinang), Tamsir (Kacab Pekanbaru), Bambang Nur Cahyono (Kacab Jambi) dan Ratmo (Kacab Bukit­tinggi) serta pegawai Taspen Padang.

Pada Roapmap Taspen 2014-2029 itu juga dijelaskan bah­wa­sanya Taspen tetap menye­lenggarakan Program Jaminan Sosial Nasional kepada pensiunan yang terdiri dari, jaminan kesehatan, jami­nan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun dan jaminan kematian. (h/rel/vid)

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Innalillahi, 46 Orang Tewas akibat Banjir di India

Kamis, 21 Oktober 2021 | 07:35 WIB

Jamaah yang Sudah Divaksin Sinovac Dibolehkan Umrah

Selasa, 19 Oktober 2021 | 05:10 WIB

Selama Pandemi, Kasus Bunuh Diri di Thailand Meningkat

Minggu, 17 Oktober 2021 | 19:40 WIB

Kecelakaan Pesawat di Rusia, 16 Orang Dilaporkan Tewas

Minggu, 10 Oktober 2021 | 20:35 WIB
X