Genjot Penerimaan Pajak

- Selasa, 3 Februari 2015 | 19:08 WIB

“Kesadaran wajib pajak masih sangat rendah,karena jumblah wajib pajak terdaftar dengan wajib pajak yang telah membayar pajak masih belum sebanding. Ini artinya masih banyak wajib pajak terdaftar yang belum menunaikan kewa­jibannya,”kata M.Ismirian­syah Zein.

Lebih jauh ia menga­ta­kan,dari sekian banyak peru­sahaan yang terdaftar sebagai wajib pajak di Kota Solok,baru hanya 40%  saja yang telah membayar pajak. Sementara objek pajak perorangan yang telah terdaftar sebagai wajib pajak,baru hnaya 9% saja yang telah menunaikan kewa­ji­bannya.

Terlalu banyak perusahaan yang tak mau membayar pajak dengan berbagai dalih.Ada yang mengatakan tak men­dapat pekerjaan atau proyek. Dan ada pula yang menga­takan membayar pajak itu merupakan tanggungjawab perusahaan di pusat,karena kantor  yang ada di Kota Solok hanya merupakan kan­tor cabang atau kantor anak cabang.

Padahal,kata Ismirian­syah,setiap peruhaan yang mencari keuntungan atau mencari rezki di Kota Solok ,seharusnya mereka ikut ber­kontribusi untuk daerah. Ada kewajiban pajak yang ditang­gung oleh kantor pusat dan ada pula yang menjadi tang­gungan kantor cabang atau anak cabang.

Begitu juga dengan pajak perorangan, objek pajak pero­rangan yang telah terdaftar sebagai wajib pajak,baru hnaya 9% saja yang telah menu­naikan kewajibannya. Ironis­nya lagi itupun didominasi oleh PNS dan karyawan swas­ta. Padahal masih banyak pedagang yang pengha­silan­nya jauh lebih tinggi dari PNS justru tak membayar pajak.

“Rasanya sangat tidak adil jika sebagian masyarakat  su­dah membayar pajak,­sementara yang lainnya be­lum. Dan yang belum ini justru lebih banyak menikmati fasi­litas umum ketimbang yang sudah bayar,” kata Ismi­rian­syah Zein.

Ditambahakannya,pajak merupakan kontribusi wajib yang harus dibayar oleh selu­ruh wajib pajak tanpa men­dapat imbalan secara lansung dan digunakan sebesar besar­nya untuk kemakmuran ma­sya­rakat. Dari hasil mem­bayar pajak tersebut,­mam­faatnya bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat,baik yang taat pajak maupun yang tidak bayar pajak.

“Dengan adanya kerja­sama dengan Pemko Solok ini,­diharapkan semua orang atau badan yang belum melak­sana­kan kewajiban membayar pajak dengan benar,akan me­la­kukan kewajibannya sesuai kondisi dan potensi yang sebe­naran­ya,”kata Ismiriansyah Zein.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Indonesia-Pakistan Jajaki Kerja Sama Antar BUMN

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 03:00 WIB

Innalillahi, 46 Orang Tewas akibat Banjir di India

Kamis, 21 Oktober 2021 | 07:35 WIB

Jamaah yang Sudah Divaksin Sinovac Dibolehkan Umrah

Selasa, 19 Oktober 2021 | 05:10 WIB

Selama Pandemi, Kasus Bunuh Diri di Thailand Meningkat

Minggu, 17 Oktober 2021 | 19:40 WIB
X