XL Dukung Pengembangan Wilayah Tertinggal

- Selasa, 10 Februari 2015 | 19:06 WIB

“Indonesia memang sangat luas dan tersebar dalam banyak sekali pulau. Layanan tele­komunikasi dan internet ada­lah salah satu sarana yang bisa dimanfaatkan untuk mengem­bangkan daerah-daerah ter­pen­cil dan perbatasan, agar masyarakat di sana bisa ikut merasakan manfaat dari pem­bangunan nasional. Karena itu, kami berkomitmen untuk men­­dukung pemerintah da­lam mendorong percepatan pembangunan di wilayah-wila­yah tersebut,” ujar Dian.

Dian menambahkan, saat ini XL sedang menggodok sejumlah rencana khusus yang diharapkan bisa ikut men­dukung visi pemerintah dalam memeratakan pembangunan ini. Salah satu yang sudah pasti antara lain menyesuaikan pem­bangunan jaringan dan mem­buka layanan dengan men­jangkau daerah terpencil dan perbatasan.

Menurut Dian, sebenarnya sudah sejak tahun-tahun se­belumnya XL selalu mencoba untuk tetap membangun infra­struktur dan menggelar laya­nan di daerah yang tidak menguntungkan secara bisnis. Pertimbangannya adalah agar bisa membantu daerah setem­pat dengan mendorong tum­buhnya perekonomian lokal, yang pada akhirnya akan bisa berkontribusi bagi perce­patan pembangunan.

Dia menyebut ada puluhan BTS XL yang berdiri di dae­rah-daerah perbatasan, yang juga terpencil dari pusat-pusat perekonomian. Daerah terse­but antara lain Sabang, Se­meulue, Nias, Natuna, dan sejumlah pulau di Kepulauan Riau yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia. Se­lain itu juga ada di Kalimantan bagian utara yang berbatasan dengan Serawak dan Sabah. Di Timur Indonesia, XL juga memiliki BTS antara lain di Biak, Jayapura, dan Merauke.

Dalam rencana selan­jut­nya, XL tidak hanya akan me­nye­dikan jaringan dan laya­nan saja untuk daerah tertinggal. XL juga akan mencoba lebih memberdayakan potensi man­faat yang dimiliki oleh infra­struktur jaringan teleko­muni­kasi dan internet untuk bisa mengembangkan potensi suatu daerah secara lebih kom­pre­hensif. Konsep-konsep pem­ber­dayaan daerah seperti “Ko­ta Pintar” atau “Desa Pintar” akan menjadi acuan.

Selain itu, visi Pemerintah yang akan membangun kema­ritiman dan pertanian juga menjadi acuan XL. Teknologi komunikasi dan informasi akan sangat bisa membantu bagi usaha-usaha memajukan sektor perikanan dan perta­nian.

Apalagi, mulai tahun ini layanan 4G kemungkinan su­dah akan bisa lebih dikem­bangkan lagi untuk mendu­kung penyediaan layanan inter­net cepat. Dia menegaskan, XL akan menjajagi semua kemung­kinan yang bisa dilakukan untuk ikut berperan serta mendukung visi pemerintah tersebut. (h/trn)

Editor: Administrator

Terkini

Filipina Diguncang Gempa Berkekuatan M 6,7

Sabtu, 24 Juli 2021 | 09:19 WIB

Cina Tolak Investigasi WHO, Ada Data Rahasia?

Jumat, 23 Juli 2021 | 07:32 WIB

Pembuat Kartun Nabi Muhammad Dijemput Maut

Kamis, 22 Juli 2021 | 21:55 WIB
X