Kementerian Koperasi dan UKM Kembangkan 100 TPKU

- Jumat, 13 Februari 2015 | 19:39 WIB

Budi mengatakan, pi­hak­nya telah bersurat kepada Pemda-Pemda di daerah untuk menyosialisasikan program tersebut, sehingga diharapkan daerah proaktif mengusulkan lokasi pengembangan TPKU yang potensial menumbuhkan wirausaha. Ia mengungkapkan, TPKU merupakan wadah pe­ngembangan wirausaha baru yang dirintis di yayasan atau lembaga pendidikan per­de­saan setingkat SMK atau madra­­sah aliyah non pe­me­rintah dan di dalamnya diupa­yakan ada fasilitas pe­ralatan praktik usaha, mo­dul, trainer, dan fasilitas pendukung pe­numbuhan wirausaha baru sekaligus pendukung wi­ra­usaha  naik kelas ke skala usaha yang lebih tinggi.

“Program kami salah sa­tunya adalah mendukung pen­danaan sebanyak Rp100 juta per-TPKU,” papar dia.

Menurut dia, dari Rp100 juta dana itu sebanyak 70 persen dialokasikan untuk peralatan kerja dan 30 persen sisanya untuk bahan baku dan pelatihan siswa. “Kami sangat ber­harap ada usulan dari dae­rah yang lokasinya potensial untuk dikembangkan sebagai TPKU,” terang dia.

Sejumlah daerah yang telah mengajukan diri menerima bantuan TPKU, yakni Jawa Timur, Yogyakarta, Jambi, Riau, Sumatera Utara, dan Jawa Barat. “Persyaratannya, yayasan atau lembaga pen­didikan itu memiliki tempat sebagai lokasi TPKU,” kata dia.

Ia  menjelaskan, “Sedang­kan prosesnya, daerah me­ngu­sulkan lokasi TPKU ke­mudian pihaknya mendata dan mem­verifikasi lokasi usulan. Selama ini TPKU yang telah berjalan di sejumlah provinsi, bergerak di bidang per­ben­g­kelan, konveksi, tata boga, elektronik, dan usaha ma­kanan kemasan.”

“Program TPKU itu me­miliki arah dan tujuan untuk mendorong terciptanya wi­rausaha baru di daerah-daerah, mendorong terbentuknya ko­perasi, dan menggairahkan per­ekonomian masyarakat se­kitar yayasan yang menerima ban­tuan TPKU. Karena kami juga ber­harap, saat siswa tidak se­dang menggunakan TPKU itu, ma­syarakat sekitar bisa me­man­faatkannya untuk mem­­produksi sesuatu melalui ko­perasi yang dibentuk yang diarahkan men­jadi entitas bis­nis bagi ma­syarakat se­kitar,” kata dia. (h/inl)

Editor: Administrator

Terkini

Filipina Diguncang Gempa Berkekuatan M 6,7

Sabtu, 24 Juli 2021 | 09:19 WIB

Cina Tolak Investigasi WHO, Ada Data Rahasia?

Jumat, 23 Juli 2021 | 07:32 WIB

Pembuat Kartun Nabi Muhammad Dijemput Maut

Kamis, 22 Juli 2021 | 21:55 WIB
X