Pengusaha Keluhkan Izin Online di BKPM

- Selasa, 17 Februari 2015 | 20:03 WIB

Menjawab keluhan ini, Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Azhar Lubis men­jelaskan soal keluhan tersebut. Ia menampik pihaknya memperlama proses perizinan calon investor, bila persyaratan telah dipenuhi oleh pemohon maka bisa segera diproses oleh timnya. “Online untuk mempercepat. Sebelum baca aplikasi. Baca syarat terlebih dahulu. Kalau nggak lengkap prasyaratnya, nggak diproses,” jelasnya.

Azhar mengatakan pihaknya ingin menyederhanakan dan mempercepat izin dengan pemberlakuan proses perizinan online. Tujuannya untuk mengurangi tatap muka dengan petugas, izin online bisa mengurangi persyaratan saat pemohon mengajukan izin lain. “Bapak upload akte, NPWP dan dokumen lain. Saat selanjutnya mau perluasan usaha dan perubahan, data nggak perlu sampaikan lagi. Bapak kalau pakai manual. Semua diminta lagi, seperti akte, NPWP, dan lain. Itu semua diminta dibawa ke sini,” jelasnya.

Ia mengungkapkan BPKM setiap hari menerima per­mohonan 100 hingga 150 izin. Izin akan diproses secara cepat bila persyaratan telah dipenuhi oleh pemohon. Namun Azhar tidak menampik kadang muncul gangguan sistem namun hal tersebut bukan kendala. “Dalam perjalanan, ada hal tertentu tapi kita evaluasi. Jangan mundur (ke manual). Kalau manual repot nanti panjang lagi,” ujarnya. (h/dtf)

Editor: Administrator

Terkini

Makin Mendidih, Iran dan Israel Siap-siap Berperang

Jumat, 6 Agustus 2021 | 00:03 WIB

Malaysia Memanas, UMNO Desak PM Muhyiddin Mundur

Selasa, 3 Agustus 2021 | 20:49 WIB

Bukan Cuma China, Varian Delta Kini Mengganas di AS

Selasa, 3 Agustus 2021 | 11:55 WIB

Turki Padamkan 98 Lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan

Senin, 2 Agustus 2021 | 04:35 WIB
X