Gubernur: Perbankan Jangan Takut

- Selasa, 24 Februari 2015 | 19:27 WIB

Dalam acara yang dihadiri juga oleh Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  Sumbar Muhammad Ilham itu, Irwan mengatakan bahwa dapat di­pastikan semua UKM itu visible atau punya potensi ber­kembang. “Kalau usahanya tidak vi­sible, mungkin sudah banyak yang tutup. Namun pada ke­nyataannya, banyak usaha kecil yang mampu bertahan ber­tahun-tahun.

Meminjam di tengkulak yang bunganya hingga 50 per­sen saja sebulan mereka sang­gup bayar apalagi bunga bank yang paling tinggi hanya 20 persen setahun.

Di Sumbar juga mereka kental dengan agama, sehingga berhutang bagi mereka adalah wajib untuk membayar. De­ngan demikian, tak perlu bank kuatir rasio kredit macet ting­gi. Apalagi usaha kecil juga tidak rentan terkena imbas ekonomi sehingga saat krisis misalnya, atau dolar melam­bung, tak akan mempengaruhi kemampuan mereka dalam membayar hutang bank

Apalagi jumlah usaha mik­ro kecil lebih mayoritas di sini, sehingga tidak ada pilihan lain bagi perbankan kalau mau bertumbuh di Sumbar yang garap pasar yang 98 persen itu,” kata Irwan.

Ditambahkan Irwan, se­mua usaha itu sesungguhnya sangat visible atau mempunyai potensi untuk berkembang  sehingga sangat layak untuk dibiayai perbankan.

“Kendala mereka hanya satu, yakni tidak punya ja­minan. Kalau untuk jaminan ini sebenarnya bank bisa punya solusi. Kalaulah pasar usaha mikro dan kecil ini bisa di­garap bank.

Wah saya yakin, tak hanya usaha di Sumbar yang ber­kembang pesat karena dibiayai perbankan, namun bank sen­diri juga akan mampu bertum­buh dengan cepat.

Memang bukan pekerjaan mudah. Butuh tenaga dan wak­tu, namun kalau semuanya dilakukan maka tidak mus­tahil kesejahteraan bersama, pelaku usaha, bank dan masya­rakat banyak akan tercipta,” tutup Irwan.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Asal Mula Peringatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor

Rabu, 22 September 2021 | 07:53 WIB

4 Orang Kaya Dunia Ini Tak Mau Wariskan Harta Pada Anak

Senin, 20 September 2021 | 20:00 WIB

Manny Pacquiao Calon Presiden Philipina

Senin, 20 September 2021 | 00:01 WIB

Afghanistan Lagi-lagi Dibom, 7 Orang Meninggal Dunia

Minggu, 19 September 2021 | 08:30 WIB

Kopi Nusantara Tarik Perhatian Pelaku Usaha di Turki

Sabtu, 18 September 2021 | 23:26 WIB

Mantan Pesepak Bola Dunia Pele Kembali Dilarikan ke ICU

Sabtu, 18 September 2021 | 11:10 WIB
X