Padang Miliki 3.500 Pencari Kerja

- Jumat, 27 Februari 2015 | 19:31 WIB

“Untuk yang sudah menda­patkan pekerjaan ini berma­cam-macam. Ada yang di tem­patkan di Padang, ada yang di kabupaten kota lain, bahkan di provinsi lain di luar Sumbar,” ujarnya.

Ia juga mengatakan saat ini Dinsosnaker sudah membuka layanan konsultasi gratis di setiap BLK yang ada di Padang, jadi bagi pencaker yang ingin mencari kerja dan masih bi­ngung dapat berkonsultasi dahulu. “Nanti akan diberikan ara­han pada pencaker tersebut, tentunya disesuaikan dengan keahlian, kemampuan dan minat mereka. Kalau sudah pas dan dirasa cocok baru diantarkan surat lamarannya.

Sementara itu, untuk pen­caker yang lulusan SMP, SMA dan sederajad diberikan sema­cam pelatihan dan keteram­pilan supaya bisa direkomen­dasikan ke perusahaan-perusa­haan yang membutuhkan.

“Seperti tahap awal bebe­rapa waktu lalu ada sekitar 24 eks narapidana yang diberikan pelatihan dan keterampilan di bidang otomotif, dan tahap duanya nanti sekitar Maret akan ada pelatihan untuk mem­bor­dir, mengolah limbah,” ulasnya.

Pelatihan tahap dua nanti akan dibagi per kelompok, dalam satu kelompok ada 20 orang nanti akan dipantau terus hingga mereka bisa ber­kreasi sendiri. Setelah dilaku­kan pelatihan nantinya ma­sing-masing dibagi lagi jadi 10 orang per kelompok, dan akan dibe­rikan bantuan Rp2 juta per orangnya, tapi ban­tuan terseb­ut­ gunanya nanti untuk mem­buka usaha bersama ke­lom­poknya masing-masing. (h/mg-rin)

Editor: Administrator

Terkini

Filipina Diguncang Gempa Berkekuatan M 6,7

Sabtu, 24 Juli 2021 | 09:19 WIB

Cina Tolak Investigasi WHO, Ada Data Rahasia?

Jumat, 23 Juli 2021 | 07:32 WIB

Pembuat Kartun Nabi Muhammad Dijemput Maut

Kamis, 22 Juli 2021 | 21:55 WIB

China Dihantam Banjir, Puluhan Orang Tewas

Kamis, 22 Juli 2021 | 00:01 WIB
X