BPR Muaro Paiti Dilikuidasi

- Senin, 2 Maret 2015 | 19:15 WIB

Menurut M. Ilham yang juga bersama Pengawas Bank Se­nior/Wakil Kepala OJK Sum­bar Bob Haspian, sebelum dilakukan pencabutan izin usaha, sejak 25 Juli 2014 lalu BPR tersebut telah masuk pengawasan OJK dengan status “Dalam Pengawasan Khusus/DPK”.

Sesuai ketentuan berlaku maka BPR dimaksud  diberikan kesempatan selama 180 hari atau terakhir sampai 20 Januari 2015 untuk melakukan upaya penyehatan yang nyata. Sayang­nya hingga batas waktu yang ditentukan, BPR tersebut tak menunjukkan perbaikan.

“Pemenuhan modal mini­mum/CAR sebesar 4 persen dan rata-rata Cash Ratio dalam 6 bulan terakhir minimum sebesar 3 persen sebagai in­dikator kesehatan bank, tidak mampu dipenuhi BPR Muara Paiti sehingga akhirnya harus dilikuidasi,” ujar M. Ilham

Dengan pencabutan izin usaha PT BPR LPN Kampung Baru Muara Paiti, selanjutnya LPS akan menjalankan fungsi penjaminan dan proses likui­dasi sesuai UU No. 24 Tahun 2004 Tentang LPS sebagai­mana diubah UU No.7 Tahun 2009.

“OJK mengimbau kepada nasabah BPR yang bersang­kutan untuk tetap tenang dan tidak terpancing atau terpro­vokasi melakukan hal-hal yang dapat menghambat pro­ses pelaksanaan penjaminan dan likuidasi oleh LPS,” im­bau M.  Ilham lebih jauh.

Ditambahkannya, pe­nye­bab dilikuidasi bank berawal dari kredit macet petani yang pada akhirnya menimbulkan ketidakpercayaan nasabah sehingga menarik dananya beramai-ramai yang pada akhirnya menyebabkan BPR tersebut collaps.

Mencegah banyaknya BPR yang dilikuidasi, M. Ilham mengharapkan BPR memperbaiki pengelolaan dan manajemen bank. Selain itu OJK juga tengah membuat aturan baru terkait permo­dalan inti BPR. Padang misal­nya menjadi Rp6 Miliar dan kabupaten/kota Rp4 Miliar.

“Sulitnya penambahan mo­dal BPR, OJK akan me­rang­kul BPD Sumbar atau Bank Nagari sebagai penga­yom BPR untuk membantu permodalan BPR. Solusi lain­nya adalah dengan melakukan merger atau penggabungan beberapa BPR sehinggga le­bih kuat da­lam permo­dalan,” tutupnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Makin Mendidih, Iran dan Israel Siap-siap Berperang

Jumat, 6 Agustus 2021 | 00:03 WIB

Malaysia Memanas, UMNO Desak PM Muhyiddin Mundur

Selasa, 3 Agustus 2021 | 20:49 WIB

Bukan Cuma China, Varian Delta Kini Mengganas di AS

Selasa, 3 Agustus 2021 | 11:55 WIB

Turki Padamkan 98 Lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan

Senin, 2 Agustus 2021 | 04:35 WIB
X