Pertumbuhan Perekonomian Sumbar 2014 Melemah

- Jumat, 6 Maret 2015 | 19:00 WIB

Menurut dia, perlambatan pertumbuhan ekonomi Sum­bar tersebut sejalan dengan perlambatan perekonomian di hampir seluruh provinsi lain­nya di wilayah Sumatera dan nasional.

Menurunnya kinerja ek­s­por, tambahnya, menjadi fak­tor utama penurunan eko­nomi Sumatera Barat karena turun­nya permintaan ekspor dari negara mitra dagang utama. “Selain itu terus melemahnya harga komoditas CPO atau minyak sawit dan karet ber­dampak pada penurunan ki­ner­ja ekspor pada 2014,” kata dia.  Sementara pada sisi lain, menguatnya konsumsi domes­tik dan investasi mendorong kebutuhan impor yang lebih tinggi. Meskipun demikian, me­ning­katnya konsumsi rumah tangga dan investasi mampu menahan penurunan ekonomi Sumatera Barat lebih dalam, ujar dia.

Dari sisi sektoral, perlam­batan ekspor berdampak pada melambatnya pertumbuhan lapangan usaha perda­gangan­besar dan eceran serta lapa­ngan usaha transportasi dan pergudangan.

“Menurunnya kegiatan ek­spor berdampak pada menu­runnya aktivitas perdagangan dan transportasi,” kata dia.

Kemudian, pembatasan kuota BBM yang sempat dila­ku­kan dan imbas kenaikan harga BBM turut berdampak pada menurunnya arus tran­sportasi dan distribusi barang.

Sementara Divisi Advisory dan Pengembangan Ekonomi Daerah Bank Indonesia Per­wakilan Sumbar Erwin Syafii mengatakan perlambatan eko­nomi yang lebih besar dapat tertahan oleh kinerja lapangan usaha pertanian dan industri pengolahan yang cukup cemer­lang di tahun 2014. “Pening­katan hasil produksi tanaman bahan makanan khususnya beras dan sejumlah hasil perke­bunan mampu mendorong perbaikan pertumbuhan k­e­dua lapangan usaha tersebut,” kata dia. (h/ans)

Editor: Administrator

Terkini

Waspada! WHO Identifikasi Varian Baru Covid-19 R.1

Minggu, 26 September 2021 | 08:27 WIB

Ngeri! Taliban Gantung Mayat Laki-laki di Pusat Kota

Minggu, 26 September 2021 | 06:45 WIB

Asal Mula Peringatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor

Rabu, 22 September 2021 | 07:53 WIB

4 Orang Kaya Dunia Ini Tak Mau Wariskan Harta Pada Anak

Senin, 20 September 2021 | 20:00 WIB
X