Ekonomi Sumbar Membaik di Triwulan III

- Kamis, 8 Oktober 2015 | 19:31 WIB

Pertumbuhan ekonomi ini ditopang adanya pe­ning­katan konsumsi rumah tang­ga, seiring perayaan Hari Raya Idul Fitri dan tahun ajaran baru. Kemudian ada­nya pe­ning­katan belanja mo­dal barang dan jasa peme­rintah yang cenderung jor-joran di akhir tahun.

Apalagi saat ini peme­rintah daerah juga telah memulai pengerjaan 33 pro­yek senilai Rp165,2 miliar yang didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) provinsi.

Selain itu adanya perki­raan peningkatan realisasi investasi pada periode terse­but, sehingga turut men­dongkrak pertumbuhan.

“Kemudian indikator lainnya dari hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SK­DU) yang kami lakukan, juga menunjukkan adanya tanda-tanda pertumbuhan lebih baik di Triwulan III ini,” jelasnya.

Di sampaikannya, pe­ning­katan konsumsi rumah tangga, belanja pemerintah dan investasi merupakan berkah tersendiri bagi kon­disi ekonomi daerah.

Bahkan peningkatan ter­sebut dapat dikatakan seba­gai stimulus bagi kinerja perekonomian daerah pada tiga bulan ketiga tahun ini.

Sedangkan dari sisi lapa­ngan usaha, sektor pertanian diproyeksi sebagai penyum­bang pertumbuhan paling besar, seiring dengan me­ningkatnya produksi bahan makanan.

Kemudian lanjutnya di­iku­ti sektor jasa konstruksi. Sebab, realisasi belanja m­o­dal pemerintah dan ke­giatan investasi pelaku usa­ha di­per­caya mampu men­dorong sektor jasa kons­truksi. “Na­mun secara keseluruhan sepanjang tahun ini, pere­konomian Sumbar dipre­diksi di kisaran 5,3-5,7 per­sen, atau lebih rendah dari tahun sebelumnya sebesar 5,58 persen,” ungkapnya. (h/ans)

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Filipina Diguncang Gempa Berkekuatan M 6,7

Sabtu, 24 Juli 2021 | 09:19 WIB

Cina Tolak Investigasi WHO, Ada Data Rahasia?

Jumat, 23 Juli 2021 | 07:32 WIB

Pembuat Kartun Nabi Muhammad Dijemput Maut

Kamis, 22 Juli 2021 | 21:55 WIB

China Dihantam Banjir, Puluhan Orang Tewas

Kamis, 22 Juli 2021 | 00:01 WIB
X