BUMD Grafika Siap Beri Ruang untuk Buku Konten Lokal

- Senin, 19 Oktober 2015 | 19:17 WIB

Ia mengatakan, pener­bitan buku tersebut memang bertujuan untuk me­nye­diakan buku murah dengan konten lokal agar bisa dia­kses oleh semua lapisan masyarakat.

PT Grafika Jaya Sumbar juga mencetak ulang buku-buku legendaris seperti, buku karya AA. Navis  yang berjudul Alam Takambang Jadi Guru. Buku Makmur Hendrik diantaranya, Ti­kam Samurai sebanyak 10 jilid, Giring-giring Perak sebanyak dua jilid, dan kum­­pulan cerpen yang ber­judul Jangan Menangis Ma­ma yang pernah diangkat ke layar lebar.

“Selain karya dua sas­trawan itu, kita juga men­cetak ulang buku karya B. Dt. Seri Maharadjo yang berjudul Adat Sopan San­tun,” ucapnya.

Buku ini terakhir diter­bitkan pada 1922, dan nas­kahnya ditemukan di Cornell University, New York. Sekarang sedang da­lam proses penyun­tingan.  Beberapa karya lain seperti Perjalanan Panjang Musik Minang Modren karya Agus Taher, Novelet Si Padang Bukan Orang Minang karya Burhan, yang juga sedang dalam proses untuk di­ter­bitkan kembali.

“Buku yang telah diter­bitkan tersebut telah dapat dibeli di sejumlah toko buku di Sumbar, “ im­buh­nya.

Kepala Arsip dan Per­pu­stakaan Daerah Sumbar Alwis yang dihubungi Ha­luan Senin (19/10) di Pa­dang menilai, langkah yang dilakukan PT Grafika Jaya merupakan langkah yang bagus untuk kembali men­catat ulang sejarah, agar nantinya generasi penerus tidak lupa akan catatan sejarah ini. Menurutnya, dengan jalan ini akan me­nguntungkan bagi per­pus­takaan.

“Kita mendukung pe­nuh langkah ini, karena akan memperbanyak ko­leksi bacaan. Selain itu juga akan memberi ruang kepada penulis lama maupun pe­nulis muda untuk kembali mengeluarkan karyanya,” ujar Alwis. (h/mg-isr)

Editor: Administrator

Terkini

Waspada! WHO Identifikasi Varian Baru Covid-19 R.1

Minggu, 26 September 2021 | 08:27 WIB

Ngeri! Taliban Gantung Mayat Laki-laki di Pusat Kota

Minggu, 26 September 2021 | 06:45 WIB

Asal Mula Peringatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor

Rabu, 22 September 2021 | 07:53 WIB

4 Orang Kaya Dunia Ini Tak Mau Wariskan Harta Pada Anak

Senin, 20 September 2021 | 20:00 WIB
X