Pemimpin ISIS di Irak Tewas

- Rabu, 11 Mei 2016 | 04:01 WIB

WASHINGTON DC, HALUAN  —  Salah seorang pemimpin kelompok ISIS di Provinsi Anbar, Irak, dila­porkan tewas akibat serangan udara pasukan koalisi.

Departemen Pertahanan AS atau Pentagon mengklaim Abu Waheeb, yang meru­pakan mantan anggota Al-Qaeda di Irak, tengah beper­gian menggunakan sebuah kendaraan di sebuah kota dekat Rutba, Provinsi Abar, ketika serangan udara berlangsung.

Selain Waheeb, ada tiga anggota milisi lainnya yang juga tewas dalam serangan udara tersebut, demikian lan­sir BBC.

“Akhir-akhir ini berbahaya menjadi pemimpin ISIS di Irak dan Suriah,” kata Peter Cook, juru bicara Pentagon, kepada wartawan di Washington DC, AS, Senin (9/5/2016).

Dijelaskan oleh Cook, Waheeb adalah pemimpin militer bagi kelompok ISIS di Provinsi Anbar. Pria berusia 30 tahun yang mengenyam pendidikan ilmu komputer itu kerap digambarkan dalam situs-situs pemantau sebagai tokoh yang naik daun di da­lam tubuh ISIS.

Waheeb pernah ditangkap oleh pasukan AS di Irak dan divonis hukuman mati, namun ia berhasil melarikan diri dari penjara pada 2012. Setahun kemudian, namanya pun se­makin terkenal setelah membunuh sekelompok supir truk asal Suriah yang sedang melintasi Irak. (h/inl)

Editor: Administrator

Terkini

Innalillahi, 46 Orang Tewas akibat Banjir di India

Kamis, 21 Oktober 2021 | 07:35 WIB

Jamaah yang Sudah Divaksin Sinovac Dibolehkan Umrah

Selasa, 19 Oktober 2021 | 05:10 WIB

Selama Pandemi, Kasus Bunuh Diri di Thailand Meningkat

Minggu, 17 Oktober 2021 | 19:40 WIB
X