Tak Tertandingi, Rusia Mulai Produksi Massal Rudal Hipersonik Zircon Berkecepatan 10.600 Kilometer per Jam

- Minggu, 28 November 2021 | 18:25 WIB
Rusia mulai memproduksi massal rudal hipersonik Zircon (Foto: Kemhan Rusia)
Rusia mulai memproduksi massal rudal hipersonik Zircon (Foto: Kemhan Rusia)

HARIANHALUAN.COM - Rusia memulai produksi massal rudal hipersonik Zircon. Rudal yang mampu melesat dengan kecepatan 10.600 kilometer per jam ini diklaim tak tertandingi dan tak bisa dihentikan.

Produksi massal rudal yang bisa membawa hulu ledak konvensional dan nuklir itu berlangsung di tengah meningkatnya ketegangan Rusia dengan negara-negara Barat serta perlombaan senjata hipersonik. Ketegangan dipicu konflik di perbatasan Ukraina.

Produksi skala penuh Zircon di pabrik rahasia dekat Moskow itu dilakukan setelah suksesnya uji coba pada 18 November lalu, yakni dilakukan dari kapal perang fregat di Laut Putih.

Sebulan sebelumnya Zircon untuk pertama kalinya ditembakkan dari kapal selam. Produksi ini juga sejalan dengan keinginan Presiden Vladimir Putin yang memerintahkan agar rudal Zircon mulai disebar ke Angkatan Laut pada tahun depan.

Sebagaimana uji coba, rudal ini tampaknya akan digunakan pada kapal perang fregat serta kapal selam, selain ada kemungkinan digunakan secara statis dan menggunakan kendaraan darat.

Zircon mencapai puncak kematangan setelah melalui pengembangan selama lebih dari 20 tahun dan dianggap sebagai senjata andalan Putin untuk generasi selanjutnya.

Wakil Perdana Menteri Yury Borisov bulan lalu mengatakan Rusia telah melampaui Barat dalam hal senjata hipersonik dan akan mempertahankan keunggulan ini.

“Kami telah menorobos maju, khususnya di bidang senjata hipersonik berdasarkan prinsip-prinsip fisika baru. Kami sekarang memiliki keuntungan dalam hal ini dibandingkan negara-negara Barat yang terkemuka dan akan mencoba untuk mempertahankan posisi ini," tuturnya. (*)

 

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: INews.id

Tags

Terkini

Oleksiy Vadatursky, Konglomerat Ukraina Dibom Rusia

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:36 WIB

Joe Biden Positif Covid-19 Lagi, Begini Gejalanya!

Minggu, 31 Juli 2022 | 12:21 WIB
X