Pakai Modus Salat Dhuha, Residivis Pelaku Pencurian Infak Kembali Diamankan

- Minggu, 10 Juli 2016 | 15:28 WIB

PADANG, HALUAN - Seolah tidak jera dengan perbuatannya mencuri infak dan sudah keluar penjara sebanyak dua kali, tidak membuat Deni Jeneske alias Boy (45) warga Jalan Koto Baru Kelurahan Koto Baru Kecamatan Padang Selatan ini untuk berfikir untuk mencari pekerjaan yang lebih baik, aman, dan halal. Boy kembali tertangkap setelah berniat melakukan perbuatan serupa di Surau Melati di Jalan Palinggam V Nomor 5 RT 05 RW 04 Kelurahan Pasar Gadang Kecamatan Padang Selatan pada Jumat (8/7) sekitar pukul 09.30 WIB.

Dengan modus hendak menunaikan salat Dhuha, ia mendatangi masjid yang saat itu tengah sepi karena belum masuknya waktu beribadah bagi umat Islam. Namun, ia merasa tergiur dengan uang dalam kotak kaca yang terletak tepat di depan pintu masjid. Dengan entengnya, ia mengangkat kota kaca yang berisikan ratusan uang receh dan beberapa lembar uang kertas untuk memindahkan uang yang ada dalam kota ke tas yang ia gunakan dalam menjalankan aksinya tersebut. Namun, belum berhasil ia membawa kabur uang hasil curian, gerak-geriknya sudah terendus oleh Garin Surau, Chairul (59). Ia menceritakan, saat kejadian dirinya berada di dalam kamar garin, namun dari dalam kamar dia mendengar suara berdetak seperti orang membuka pintu.

Bhabin Kamtibmas Kelurahan Pasa Gadang, Birgadir Tukiman yang berada tidak jauh dari lokasi kejadian membawa pelaku ke Polsek Padang Selatan untuk menjalani proses pemeriksaan dan penahanan. "Pelaku sendiri sudah dua kali masuk ke dalam penjara dalam kasus yang sama, yaitu pencurian kotak infak di tempat ibadah yang sedang ditinggal kosong dan sering beraksi di kawasan Pasa Gadang dan Seberang Palinggam," ujar Kapolsek Padang Selatan, Kompol Eri Yanto.

Sementara itu, barang bukti yang berhasil disita oleh polisi dari pelaku diantaranya uang sebesar Rp684.600 dan 17 buah kunci gembok dan dua buah kunci lemari yang digunakan pelaku untuk melancarkan aksinya. (h/mg-adl)

Editor: Administrator

Terkini

Indonesia-Pakistan Jajaki Kerja Sama Antar BUMN

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 03:00 WIB

Innalillahi, 46 Orang Tewas akibat Banjir di India

Kamis, 21 Oktober 2021 | 07:35 WIB

Jamaah yang Sudah Divaksin Sinovac Dibolehkan Umrah

Selasa, 19 Oktober 2021 | 05:10 WIB

Selama Pandemi, Kasus Bunuh Diri di Thailand Meningkat

Minggu, 17 Oktober 2021 | 19:40 WIB
X