Save Danau Maninjau, SKPD di Agam Diajak 'Keroyokan'

- Minggu, 23 Oktober 2016 | 16:06 WIB

AGAM, HALUAN--Gerakan Penyelematan Danau Maninjau terus dilakukan. Salah satunya dengan meningkatkan usaha ekonomi masyarakat sekitar danau.

 

Sehingga diharapakan masyarakat tidak lagi terfokus kepada usaha Keramba Jala Apung(KJA) yang sangat berpotensi menimbulkan pencemaran terhadap danau.

 

"Untuk itu semua SKPD dilibatkan dengan peran dan program masing-masing dalam menyelamatkan Danau Maninjau dari pencemaran, baik pencemaran limbah rumah tangga dan keramba jaring apung" kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Agam Erniwati saat rapat "Gerakan Save Danau Maninjau" di Tanjung Raya, Jumat(21/10).

 

Sebagai langkah konkrit, aparat SKPD akan turut serta bergotong royong membersihkan limbah rumah tangga, enceng gondok, pengerukan lumpur hasil sisa pakan ikan, sosialisasi dan penguatan regulasi.

 

Kegiatan di darat, Dinas Kehutanan dan Perkebunan menyediakan pohon untuk ditanam pada sekitar danau, pelatihan penguatan kelembagaan kelompok tani dan pengadaan alat atau mesin pengolah hasil perkebunan.

 

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga melakukan sosialisasi aturan berkaitan dengan program penyelamatan Danau Maninjau lalu menyosialisasi pengurangan keramba jaring apung untuk dapat mengurangi jumlah keramba.

 

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melakukan pengembangan kesenian dan kebudayaan lainnya untuk menarik arus kunjungan wisatawan.

 

Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan melakukan program pengembangan teknologi, pengembangan penangkaran padi dan lainnya.

 

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Jamaah yang Sudah Divaksin Sinovac Dibolehkan Umrah

Selasa, 19 Oktober 2021 | 05:10 WIB

Selama Pandemi, Kasus Bunuh Diri di Thailand Meningkat

Minggu, 17 Oktober 2021 | 19:40 WIB

Kecelakaan Pesawat di Rusia, 16 Orang Dilaporkan Tewas

Minggu, 10 Oktober 2021 | 20:35 WIB

Terpopuler

X