Mumi Putri Raja Ditemukan di Piramida Mesir

Heldi Satria
- Jumat, 10 Desember 2021 | 02:15 WIB
Arkeolog Mesir masih meneliti mumi wanita yang dimakamkan dalam piramida khusus untuk raja.  (Foto/dok)
Arkeolog Mesir masih meneliti mumi wanita yang dimakamkan dalam piramida khusus untuk raja. (Foto/dok)

 

HARIANHALUAN.COM - Arkeolog Mesir masih meneliti mumi wanita yang dimakamkan dalam piramida khusus untuk raja. Di peti mati tersebut tertulis kalau yang dimakamkan ini adalah putri raja.

Peti mati berisi mumi seorang putri raja itu ditemukan di Dahshur, sebuah komplek makam raja Mesir di Tepi Barat Sungai Nil, sekitar 40 kilometer dari Kairo tahun lalu. Namun hingga kini arkeolog belum berhasil mengungkap identitas putri raja tersebut.

Dilansir Express, Kamis (9/12/2021), pada awalnya arkeolog yakin kalau peti itu milik seorang raja, mengingat fakta bahwa peti itu ditempatkan di dalam piramida. Karena pemakaman piramida memang disediakan khusus untuk para penguasa.

Penemuan ini dieksplorasi selama film dokumenter Smithsonian Channel 'Mystery of the Lost Pyramid'. Fragmen kayu yang terletak di ruang pemakaman disatukan oleh tim yang bekerja di bawah arkeolog ahli Mesir, Yasmin El Shazly.

"Peti mati biasanya memiliki fitur yang mirip dengan pemiliknya tapi kali ini perkiraan kami salah. Sebenarnya, ini adalah wanita misterius," kata Shazly.

Dr Shazly menjelaskan bahwa tutup peti mati menunjukkan seseorang mengenakan sesuatu yang disebut wig Hathor, yakni item pakaian yang populer selama era Kerajaan Tengah dan hanya dikenakan oleh wanita.

Sebuah peti ditemukan di samping wanita itu, ditutupi hieroglif yang awalnya diharapkan para arkeolog akan membantu mereka menguraikan identitasnya. Namun, tempat di mana namanya akan disebutkan mengalami kerusakan parah sehingga menyulitkan arkeolog.

Baca Juga: Menaker: Kemnaker Siap Sukseskan Presidensi G20 Indonesia

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: sindonews.com

Tags

Terkini

Thailand Bagi-bagi Ganja Gratis ke Warganya

Minggu, 15 Mei 2022 | 10:04 WIB
X