AS Cekal Wanita Terkaya Afrika Masuk Negaranya, Kenapa?

- Senin, 13 Desember 2021 | 05:17 WIB
Putri presiden Angola Isabel dos Santos dan suami/IST
Putri presiden Angola Isabel dos Santos dan suami/IST

HARIANHALUAN.COM - Amerika Serikat mencekal Isabel dos Santos, yang pernah disebut sebagai wanita terkaya di Afrika, karena “terlibat korupsi dalam jumlah yang signifikan”.

Dilansir BBC Sabtu (12/12/2021), namanya muncul dalam daftar yang dirilis Departemen Luar Negeri yang berisi nama-nama orang yang dituding korupsi dan dikenai sanksi oleh AS.

Dos Santos, 48, adalah putri dari mantan presiden Angola José Eduardo dos Santos, yang jabatannya berakhir pada tahun 2017.

Ketika ayahnya menjabat presiden, Isabel adalah bos perusahaan minyak negara.

Menurut Menlu AS Anthony Blinken, Dos Santos menggunakan posisinya untuk melakukan korupsi dengan “menyalahgunakan dana publik demi keuntungan pribadinya”.

Pernyataan Blinken tidak merinci apa saja kesalahan yang telah dilakukan oleh Dos Santos.

Pembatasan visa yang dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri akan melarang Dos Santos dan anggota keluarga dekatnya memasuki AS

Meskipun demikian, dia tidak dikenakan sanksi finansial apa pun.

Tahun 2013, Forbes menyatakan Dos Santos sebagai wanita terkaya di Afrika, dengan perkiraan kekayaan bersih $3,5 miliar. Dia dikeluarkan dari daftar itu pada tahun 2020, dengan perkiraan Forbes aset Dos Santos senilai $1,6 miliar dibekukan di Angola dan Portugal.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: hidayatullah.com

Tags

Terkini

Thailand Bagi-bagi Ganja Gratis ke Warganya

Minggu, 15 Mei 2022 | 10:04 WIB
X