Tidak Enak Badan, Presiden Afrika Selatan Positif Covid-19

- Senin, 13 Desember 2021 | 08:45 WIB
Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa.
Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa.

CAPE TOWN, HARIANHALUAN.COM – Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa, dinyatakan positif terinfeksi Covid pada Minggu (12/12/2021). Kantor Kepresidenan setempat mengungkapkan, politikus berusia 69 tahun itu hanya menunjukkan gejala ringan.

“Presiden mulai merasa tidak enak badan setelah meninggalkan State Memorial Service untuk menghormati mantan Wakil Presiden FW de Klerk di Cape Town, hari ini,” demikian pernyataan kantor itu seperti dikutip Reuters melalui iNews id, Senin (13/12/2021).

Baca Juga: Makam Ulama Nusantara Sayed Abdul Malik Dinobatkan Jadi Warisan Budaya Afrika Selatan

Saat menghadiri upacara untuk mengenang de Klerk, Ramaphosa memberikan pidato untuk menghormati pemimpin terakhir pemerintah minoritas kulit putih Afrika Selatan itu. De Klerk termasuk tokoh yang berperan penting dalam membantu mengakhiri diskriminasi ras di negara itu.

“Presiden (Ramaphosa), yang telah divaksinasi penuh, berada dalam isolasi mandiri di Cape Town dan telah mendelegasikan semua tanggung jawab kepada Wakil Presiden David Mabuza untuk minggu depan,” kata Kantor Kepresidenan Afsel lagi.

Baca Juga: Dokter di Afrika Selatan: Gejala Pasien Varian Omicron Sangat Ringan, Bisa Rawat di Rumah

Dalam beberapa hari terakhir, wabah virus corona yang diyakini terkait dengan varian omicron di Afsel telah menginfeksi sekitar 20.000 orang per hari. Ilmuwan di negara itu tidak melihat adanya tanda-tanda bahwa varian baru tersebut menyebabkan penyakit yang lebih parah dibandingkan varian Covid-19 lainnya. (*)

Editor: Milna Miana

Sumber: INews.id

Tags

Terkini

X